Pelatihan dan Pengetahuan Tentang RESTFul API

Pelatihan RestFull Api

Pengertian API

API adalah singkatan dari Application Programming Interface. API sendiri merupakan interface yang dapat memberikan informasi dari satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Dengan kata lain, peran API adalah sebagai perantara dan saling memberikan informasi antar berbagai aplikasi berbeda, baik secara offline maupun online dan lintas platform.

API juga digunakan sebagai alat untuk melakukan kegiatan komunikasi dengan developer menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman. Developer tidak perlu untuk menyediakan data sendiri, namun cukup dengan mengambil data dan informasi dari platform melalui API.

Pengertian REST

RESTful API / REST API merupakan implementasi dari API (Application Programming Interface) itu sendiri. Sedangkan REST (Representional State Transfer) adalah sebuah arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protokol HTTP untuk pertukaran data dimana metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Dengan tujuannya untuk menjadikan sistem memiliki kemampuan yang baik, mudah untuk di kembangkan dan yang paling penting dapat melakukan pertukaran dan komunikasi data dengan aplikasi lain dengan baik.

Manfaat API
Dengan menggunakan API, aplikasi yang dibangun akan lebih mudah, fungsional dan kompleks. Tanpa perlu menambahkan kode-kode rumit untuk saling berintegrasi dengan aplikasi lain, aplikasi dikembangkan akan memiliki fitur yang di harapkan oleh aplikasi lain untuk dapat saling berkomunikasi atau bertukar data. Dengan menggunakan API, Anda tidak perlu menyimpan semua data yang dibutuhkan di server Anda sendiri. Cukup meminta API untuk mendapatkan data terbaru dari server aplikasi asal. Dengan kondisi ini, server Anda tidak akan terbebani.
Manfaat API dapat di rangkum sebagai berikut:

  1. Memudahkan Membangun Aplikasi yang Fungsional
  2. Pengembangan Aplikasi Menjadi Lebih Efisien
  3. Meringankan Beban Server
Ilustrasi Web Service RESTFull API
Ilustrasi Web Service RESTFul API

Pelatihan RESTFul API

Focus Techno Media Yogyakarta adalah sebuah lembaga pelatihan Teknologi Informasi yang memberikan pelatihan dan pembelajaran secara lengkap terhadap materi RESTFul API, materi yang disampaikan dalam pelatihan RESTFul API adalah :

  1. REST dan HTTP
  2. Bekerja dengan Data JSON
  3. Bekerja dengan Public API
  4. Membuat REST Server
  5. Autentikasi REST Server
  6. Membuat REST Client

 

Leave a Reply