Pelatihan SDM | Digital Public Relations

Digital Public Relations

Public Relation (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas) merupakan jabatan yang sangat penting dalam perusahaan, yang keberadaannya berfungsi membangun citra positif perusahaan melalui kegiatan komunikasi publik eksternal dan publik internal. Selain membangun opini publik, PR bersama team manajemen bertanggung jawab menangani krisis yang terkait dengan pencemaran nama baik perusahaan. Sehingga posisi ini dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi, human relationship, leadership, serta memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan berpenampilan yang mampu membangun citra diri professional.

Public Relations (PR) adalah ilmu yang terus berkembang, khususnya di era serba digital seperti saat ini. Penggunaan media online, terutama situs web dan media sosial merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan kehumasan. Oleh karena itu, muncul strategi digital PR yang dianggap sangat efektif untuk membangun kesuksesan sebuah bisnis.

Apa Itu Digital Public Relations ?

Digital PR merupakan strategi pemasaran online yang digunakan untuk meningkatkan keberadaan bisnis secara online. Jaringan agensi digital PR adalah dengan jurnalis, influencer, dan blogger serta mengirim siaran pers online untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi, penyebutan via media sosial dan penigkatan melalui Search Engine Optimization (SEO).

Digital PR sebenarnya hampir sama dengan PR konvensional, yang membedakan adalah penyampaian media komunikasinya. Jika dilihat kebelakang, Digital PR dengan PR konvensional sama-sama suatu proses komunikasi strategis dalam membangun sebuah hubungan antar individu, organisasi atau perusahaan yang saling menguntungkan.

Pelatihan Digital Public Relation
Pelatihan Digital Public Relation

Kemanfaatan Digital Public Relations

Aktivitas PR telah diakui lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan-pesan brand kepada publik bila dibandingkan dengan iklan. Apalagi digital PR memungkinkan brand-brand untuk ‘berbicara’ melalui media sosial yang mereka punya. Selain manfaat ekonomis, Digital PR juga bermanfaat untuk:

  1. Mendeteksi potensi isu yang berkaitan dengan brand di internet
  2. Merespon isu lebih dini sehingga dapat mencegah krisis
  3. Menyebarluaskan konten secara publik sehingga kesadaran publik meningkat.

Dengan digital PR, hubungan komunikasi antara brand (dan organisasi) dan publik terus terjaga dan saling menguntungkan.

Strategi Digital Public Relations

Strategi digital PR terutama berfokus pada menerbitkan artikel dan mengamankan backlink dari situs web atau blog yang relevan. Hal ini akan melibatkan sekaligus membina hubungan dengan jurnalis agar disebutkan di media.

Namun, ada beberapa cara berbeda yang dapat diimplementasikan, dengan berbagai jenis tautan atau link yang dapat dibangun dan strategi digital PR penting lainnya juga dapat digunakan.

Berikut adalah beberapa jenis strategi digital PR yang paling umum:

  1. Mempublikasikan artikel secara online untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi
  2. Bangun networking dengan jurnalis dan editor untuk mendapatkan backlink.
  3. Mempublikasin siaran pers dan himpun konten yang bernilai berita untuk mendapatkan fitur pers.
  4. Penjangkauan Blogger untuk mendapatkan backlink dan mention di blog yang relevan.
  5. Influencer marketing untuk di-mention pada akun media sosial yang berpengaruh.
  6. Program afiliasi yang membayar komisi kepada blogger yang merujuk pelanggan ke bisnismu.
  7. Acara pers offline atau acara blogger yang bertujuan untuk mendapatkan liputan online.
  8. Sharing dan himpunkan infografis.

Perbedaan Public Relations dan Digital Public Relations

PR secara tradisional berfokus pada publikasi berbasis cetak, TV dan radio. Tetapi media cetak tidak seperti dulu dan media online dengan cepat menyalip publikasi cetak tradisional dan bahkan TV. Dengan pertumbuhan pemasaran online, yang paling cerdas dari PR ini telah mengalihkan fokus online mereka ke digital PR.

Digital PR adalah bentuk PR yang berkembang. Alih-alih hanya menargetkan publikasi cetak, digital PR berfokus pada publikasi online dan meningkatkan kesadaran merk.

Ini termasuk mempublikasikan artikel dan siaran pers, bekerja dengan blogger dan influencer mengenai fitur dan ulasan produk, pemasaran afiliasi, jurnalis yang memupuk dan kontak penulisan konten untuk mengamankan posisi, menggunakan media sosial untuk mendapatkan eksposur dan membangun kepercayaan merek melalui ulasan online.

Pelatihan Digital Public Relations

Pelatihan Digital Public Relations/Hubungan Masyarakat Digital merupakan pelatihan yang diadakan dalam rangka mempersiapkan dan meningkatkan kompetensi peserta yang bekerja dalam lingkungan Humas untuk berdaptasi dengan era transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi. Pelatihan ini memberikan metode-metode dan treatment bagaimana menjadi Public Relation yang handal bagi perusahaan.

Jika Anda berminat dengan pelatihan Digital Public Relations. Silakan kontak Kami, Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta di 0274-2921618 atau info@technojogja.com.

Catatan: Materi diolah dari berbagai sumber

Leave a Reply