Pelatihan SDM | Outbound Training

Pendahuluan

Mengembangkan kepemimpinan, membentuk karakter individu, membangun team kerja yang kuat dapat dilakukan melalui pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia berbasis kegiatan luar ruangan (outdoor activities).

Pembelajaran yang bersentuhan dengan lingkungan alam dapat meningkatkan kebersamaan, kekompakan, kepekan, dan mampu menginspirasi, hal ini karena alam merupakan media serta materi pembelajaran yang baik, dan alam adalah lingkungan yang tepat untuk melakukan pengembangan karakter. Salah satunya adalah dengan outbound training.

Apa Itu Outbound Training ?

Outbound Training adalah metode pelatihan dalam rangka untuk mengembangkan pemahaman, pengetahuan serta keterampilan seseorang. Dalam praktiknya, program ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan performa organisasi dalam suatu perusahaan melalui kegiatan di luar ruangan (outdoor activities), dengan nuansa petualangan dan diisi dengan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dari suatu kelompok kerja.

Peningkatan kualitas tersebut di atas, antara lain peningkatan kepeminpinan individu dalam kelompok (leadership), kemampuan dalam berkomunikasi (communication skills), kemampuan dalam membuat dan mengeksekusi suatu rencana (planning), fleksibelitas dalam bekerja (change management), pendelegasian pekerjaan (delegation), teamwork, dan peningkatan motivasi (motivation).

Tujuan Pelatihan SDM Outbound Training

Secara umum tujuan outbound training adalah untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri guna memberikan proses terapi diri (mereka yang berkelainan) dalam berkomunikasi, dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga terciptanya saling percaya antar sesama. Outbound training mengedepankan kegiatan permainan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya.

Pola permainan yang diadakan melibatkan kerjasama antar team ataupun masing-masing individu itu sendiri, melatih pikiran dan aktifitas fisik yang memiliki unsur positif. Maka dari itu outbound adalah pilihan tepat bagi semua orang dalam pelatihan pengembangan diri yang fun dan menarik serta tidak membosankan.

Berita Terkait : Bimtek Motivasi Kerja Satpol PP Provinsi DIY

Manfaat Outbound Training

Manfaat dari kegiatan outbound training adalah, untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun dalam berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri. Pengalaman dalam kegiatan outbound memberikan masukan yang positif dalam perkembangan seseorang.

Jika dijabarkan lebih lanjut maka manfaat dari kegiatan outbond training adalah:

  1. Melatih Kerjasama Tim, dalam kegiatan outbound training biasanya berbentuk permainan yang melatih karyawan untuk dapat bahu membahu bersama dalam menyelesaikan permainan.
  2. Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan, outbond training dapat menjadi cara menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang selama ini tidak nampak. Beberapa metode outbound training ada yang bertujuan untuk mengembangkan leadership seseorang dalam mengatasi permasalahan yang ada.
  3. Mengasah kemampuan karyawan dalam mengambil keputusan terhadap suatu kondisi di mana kondisi tersebut bisa saja tidak pernah dialami sebelumnya. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan kematangan kedewasaan karyawan dalam mengambil keputusan.
  4. Melatih menyeimbangkan kemampuan analisis dan pola pikir dengan menggunakan otak kiri dan otak kanan. Karena keduanya adalah senjata yang sangat ampuh dalam mengambil keputusan yang sangat dibutuhkan oleh seorang leader.
  5. Menumbuhkan kebersamaan yang merupakan hal yang sangat penting bagi karyawan untuk memupuk rasa kebersamaan dan peduli terhadap sesama untuk menghindari persaingan yang saling menjatuhkan.
  6. Metode pelatihan karyawan yang digunakan dalam outbond training merupakan aktualisasi diri yang biasanya dikemas dalam kegiatan permainan yang memberikan rasa suka cita bagi peserta outbound training. Dengan mengikuti outbound training harapannya karyawan semakin bersemangat ketika kembali bekerja dan dapat melahirkan ide-ide serta terobosan baru yang bermanfaat bagi kemajuan perusahaan.
Outbound inbound Training
Outbound inbound Training

Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta

Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta adalah lembaga pendidikan yang memfokuskan diri pada pelatihan bidang IT dan pengembangan SDM untuk  instansi pemerintah dan perusahaan swasta nasional, serta dalam bidang implementasi TI. Berpengalaman lebih dari 15 tahun melayani masyarakat dan menjadi mitra bagi banyak instansi pemerintah dan perusahaan swasta di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Jika Anda menghendaki kegiatan outbound training atau pelatihan bidang IT dan pengembangan SDM, untuk instansi atau perusahaan Anda. Silakan kontak Kami di 0274-2921618, 0822-1777-3801 atau info@technojogja.com.

Catatan: Materi diolah dari berbagai sumber

Leave a Reply