Sertifikasi Operator Komputer Muda | Bimtek Fak. Teknologi Industri UII Yogyakarta

Sertifikasi Operator Komputer Muda BNSP

Fakultas Teknologi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta mengirimkan 5 orang staf bagian administrasi untuk mengikuti ujian sertifikasi Operator Komputer Muda. Ujian sertifikasi ini untuk mendapatkan sertifikat yang diakui secara nasional dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Maksud dari usaha mendapatkan sertifikasi ini adalah untuk mendapatkan pengakuan kompetensi mereka sebagai operator komputer.

Selama 3 hari mereka mendapat bimbingan khusus dari instruktur handal di lembaga pelatihan Focus Techno Media yang berkedudukan di Yogyakarta. Bukan sembarang instruktur yang memberikan pelatihan komputer, beliau adalah pakar yang memang ditunjuk oleh BNSP. Beliau juga ikut menyusun kisi-kisi standar pelatihan serta memberi kontribusi materi soal ujian kelulusan.

Uji Kompetensi Sertifikasi Operator Komputer Muda
Uji Kompetensi Sertifikasi Operator Komputer Muda

Aktivitas pelatihan dimulai mulai jam 08.00 hingga 15.00 dengan rehat untuk ishoma selama 1 jam pada pukul 12.00. Pelatihan diatur sedemikian rupa sehingga bisa tuntas dalam waktu 3 hari dan sudah mencakup seluruh materi yang akan diujikan.  Dengan metode yang terstruktur dan sistematis, semua materi bisa disampaikan secara sederhana dan mudah diterima seluruh peserta pelatihan. Bagian-bagian yang sedikit rumit dijelaskan oleh instruktur secara personal dan diberikan contoh-contoh yang relevan. Dengan demikian seluruh peserta pelatihan mampu memahami dengan baik dan dengan penuh keyakinan akan mampu mengerjakan soal-soal ujian yang diberikan nantinya.

Sertifikasi LSP BNSP Operator Komputer Muda
Sertifikasi LSP BNSP Operator Komputer Muda

Benar saja, pada hari yang telah ditentukan ujian sertifikasi dilaksanakan dengan metode daring atau online. Berbagai persyaratan telah dipenuhi oleh Focus Techno Media, terutama pada fasilitas koneksi internet dan fasilitas ruangan ujian dan peralatan-peralatan komputer. Instruktur dibantu beberapa SDM siap membantu berbagai kendala dan kesulitan yang dialami peserta. Semua disiapkan menjaga kelancaran kegiatan ujian sertifikasi yang berlangsung. Sesuai prediksi, seluruh peserta bernafas lega setelah tahu bahwa seluruhnya berhasil mengerjakan ujian dengan baik. Mereka berhak atas sertifikasi Operator Komputer Muda.

Leave a Reply