BIMTEK MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL | BKD KAB WONOGIRI

Bimtek Multimedia Pembelajaran

Media Pembelajaran Digital merupakan sebuah LMS (Learning Management System). LMS adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan daring (dalam jaringan/online), program pembelajaran elektronik, dan isi pelatihan. Sebuah LMS yang kuat harus bisa melakukan hal berikut: menggunakan layanan self-service dan self-guided mengumpulkan dan menyampaikan konten pembelajaran dengan cepat, akurat dan murah. BKD Kab. Wonogiri bekerjasama dengan Focus Techno Media membangun sistem media pembelajaran digital. Sistem apliaksi ini ditujukan untuk memfasilitasi SDM yang ingin mengikuti berbagai pelatihan bersertifikat dengan mudah dan murah.

Bimtek Pembelajaran Digital BKD Kab.Wonogiria
Bimtek Pembelajaran Digital BKD Kab.Wonogiria

Manfaat dari LMS yang dibuat khusus untuk BKD adalah bisa membantu SDM yang mengurusi pelatihan dan pendidikan bagi PNS. Dalam sistem ini bisa untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran dan mengelola aktivitas pelatihan. Disamping itu disediakan fitur pengelolaan database bagi SDM yang telah menjalani pendidikan/pelatihan dan yang mengusulkan. Salah satu fiturnya menyediakan bahan-bahan pelatihan yang bisa diambil sesuai minat dan jadwal konsultasi tatap muka secara daring. Hal lain yang disediakan adalah rekapitulasi absensi, tapilan sertifikat kursus, diskusi antar peserta pelatiha, ujian online dan lain-lain.
Dengan adanya sitem aplikasi media pembelajaran digital ini, setiap PNS di kab Wonogiri bisa mengikuti kursus secara mandiri pada materi-materiyang telah disediakan. Dalam sistem ini, pendaftaran calon peserta pelatihan bisa dajukan melalui online. BKD akan memiliki data siapa saja yang pernah mengikuti kursus/pelatihan/bimtek, tanggal, biaya, dan lembaga penyelenggara pelatihan.

Bimtek Multimedia Pembelajaran
Bimtek Multimedia Pembelajaran

Dengan adanya bimtek pembelajaran digital ini diharapkan akan membawa perubahan yang signifikan learah yang lebih baik. Bimtek diselenggarakan selama 3 hari dengan personil 5 peserta yang datang langsung dari Wonogiri pada hari pertama bimtek. Dipimpin langsung oleh bapak Soehardi, SE, MM. mereka dengan antusias mengkritisi setiap detail LMS yang dibuat secara mandiri.

Leave a Reply