Bimtek Pembuatan Media Pembelajaran Digital BKD Kabupaten Wonogiri

Pelatihan Media Pembelajaran Digital

TECHNOJOGJA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang IT, khususnya berkaitan dengan pembuatan media belajar interaktif dan Augmented Reality (AR). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri mengirimkan 5 orang staf dan pegawai, untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Media Belajar Berbasis Digital yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta.

Saat ini perkembangan media digital sangatlah cepat dan telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali bagi dunia pendidikan. Seorang pendidik, baik guru, instruktur maupun dosen, dituntut untuk mampu mengikuti dan menerapkan teknologi seiring perkembangan jaman dalam proses belajar mengajar. Penerapan teknologi ini dapat digunakan pada media pembelajaran interaktif, sebagai solusi agar materi yang disampaikan oleh pendidik terlihat lebih menarik.

Bimtek Media Pembelajaran Secara Digital
Bimtek Media Pembelajaran Secara Digital Augmented Reality

Dalam pelatihan ini, peserta belajar membuat media pembelajaran digital dan Augmented Reality (AR) dengan menggunakan aplikasi Unity. Unity adalah sebuah aplikasi berbasis Multi Platform, yang dapat beroperasi di banyak sistem operasi dan sanggup mempublish ke banyak format tipe file. Dengan program ini, peserta belajar dan berlatih membuat media pembelajaran yang menarik dan beraneka ragam yang dapat menjadikan model pembelajaran lebih interaktif dan dinamis.

Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR), yaitu sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata kemudian memproyeksikan benda maya tersebut secara real-time, menjadikan pembuatan media pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.

Bimtek Media Pembelajaran Digital BKD Kab. Wonogiri
Bimtek Media Pembelajaran Digital BKD Kab. Wonogiri

Bimtek Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital tersebut, dilaksanakan pada tanggal 4 Februari s.d. 5 Februari 2022, bertempat di gedung Graha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta. Bimtek dilaksanakan dengan tahapan yaitu persiapan, pemaparan materi, pembuatan media pembelajaran oleh peserta, pengumpulan tugas, dan evaluasi.

Leave a Reply