Pelatihan RESTFul API BKD Provinsi Jawa Timur Dengan Hybrid Learning

Pelatihan RESTFul API BKD Provinsi Jawa Timur Dengan Hybrid Learning

TECHNOJOGJA.COM, Yogyakarta – Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan bidang IT dengan materi tentang RESTFul API. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 26 Januari s.d. 28 Januari 2022, diikuti oleh 7 orang peserta dan bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Pelatihan RESTful API kali ini menggunakan metode pelatihan Hybrid Learning, yaitu metode pembelajaran dengan sistem kombinasi metode pembelajaran antara metode daring atau online (di luar kelas) dengan metode pertemuan tatap muka untuk beberapa jam (di dalam kelas). Dari 7 peserta yang mengikuti pelatihan, 2 diantaranya mengikuti kegiatan pelatihan secara daring (online), sedangkan sisanya 5 peserta mengikuti kegiatan pelatihan secara tatap muka di kelas.

Pelatihan Rest Ful-Api BKD Provinsi Jawa Timur
Pelatihan Rest Ful-Api BKD Provinsi Jawa Timur

RESTful API merupakan implementasi dari API (Application Programming Interface). REST (Representional State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protokol HTTP untuk pertukaran data dan metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Dimana tujuannya adalah untuk menjadikan sistem yang memiliki performa yang baik, cepat dan mudah untuk di kembangkan (scale) terutama dalam pertukaran dan komunikasi data.

Pada pelatihan ini, peserta belajar tentang RESTful Services, webservices, docker dan restful, teknik pengembangan aplikasi menggunakan PHP dan python, dan mengembangkan aplikasi web service dengan implementasi  pada web apps dan mobile apps. Sehingga dengan RESTFul API menjadikan sistem pertukaran dan komunikasi data memiliki performa yang baik, cepat dan lebih mudah untuk di kembangkan.

Leave a Reply