Budidaya Cabai 10 Juta Perbulan | Usaha Aman Setelah Pensiun

Usaha Aman Setelah Pensiun

Setelah memasuki pensiun nantinya, sangat baik bila tetap semangat dan produktif. Perlu dihindari hal-hal yang memerlukan pemikiran berat dan menyita waktu dan perhatian. Cukuplah dengan usaha yang dijalankan dengan santai dan menyenangkan namun tetap memberikan hasil yang mantab. Tentunya kita harus berpikir Usaha Setelah Pensiun yang paling pas, salah satunya adalah budidaya cabai yang tidak memerlukan biaya yang besar namun bisa memberikan hasil yang lumayan dan sekaligus menggerakkan perekonomian desa. Dengan pelatihan singkat akan memberikan pengetahuan lengkap dalam Budidaya Cabai. Pengetahuan ini untuk mendukung pengelolaan budidaya cabai hingga mencapai hasil yang optimal. Hasil optimal yang bisa dicapai dalam usaha tani ini akan mencapai nominal yang cukup bagi sebagian besar orang.

Pelatihan budidaya cabai meliputi pengolahan lahan, pemilihan bibit, penanaman bibit, pemupukan, pencegahan penyakit, proses panen, penjualan, pencatatan hasil usaha

 

Pelatihan budidaya cabai meliputi pengolahan lahan, pemilihan bibit, penanaman bibit, pemupukan, pencegahan penyakit, proses panen, penjualan, pencatatan hasil usaha dan manajemen tenaga kerja. Dipandu oleh pakar yang telah puluhan tahun menggeluti dan merasakan “manisnya” budidaya cabai. Satu hal yang menjadi kunci dalam budidaya cabai yaitu mempertahankan masa berbuah tanaman cabai yang lama. Dengan pengelolaan pada umumnya, lama berbuah cabai untuk dipanen hanya berkisar 2 – 3 bulan. Nah dengan pengelolaan yang baik, masa berbuah cabai bisa mencapai 6 – 9 bulan. Fantastis bukan? Sepertinya tidak masuk akal namun demikianlah keadaanya, narasumber itu sampai saat ini masih menikmati manisnya cabai.

Analisis usaha

Analisis usaha singkat dari budidaya cabai adalah seperti ini (dihitung per 1000 m persegi) : Pengeluaran untuk sewa lahan 2 juta, plastik mulsa 1 juta, tenaga kerja 3 juta, obat 1 juta, pupuk 1 juta. Total pengeluaran 8 juta. Pemasukan, 1000 kg x 20 rb (asumsi rerata harga cabai) menghasilkan 20 juta Jadi dari kita mengusahakan tanaman cabai dengan lahan seluas 1000 m membutuhkan modal 8 juta dan menghasilkan 20 juta, sehingga didapat untung 12 juta. Ini sama saja dengan rata-rata penghasilan perbulan adalah 1 juta. Bila kita mengelola 1 hektar lahan atau 10.000 m persegi, berarti bisa mendapatkan hasil 10 juta setiap bulan. Sedangkan biaya yang harus disediakan adalah 80 juta. Cukup menarik bukan?

Hubungi Kami

Bila anda tertarik, silahkan belajar budidaya tanaman menarik ini dan menggali pengalaman bersama kami. Hubungi nara hubung Focus Techno Media. Kami jamin pelatihan berjalan sangat menarik dan memberikan ilmu yang lengkap dalam usaha perrtanian ini.

 

Leave a Reply