Pelatihan Online Software ATLAS.ti Mahasiswa Institut Teknologi Bandung

Pelatihan-Online-Software-ATLAS.ti1

TECHNOJOGJA.COM, Yogyakarta – Pada tanggal 11 Maret s.d. 12 Maret 2022, Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan online dengan materi terkait dengan metode penelitian kualitatif menggunakan software ATLAS.ti. Sebagaimana diketahui ATLAS.ti merupakan software yang digunakan untuk melakukan analisis data kualitatif berupa teks, grafik, audio, maupun video dalam jumlah besar.

Pelatihan online software ATLAS.ti menghadirkan nara sumber Arif Nur Rohman, S.E., salah seorang staf pengajar di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta yang ahli dibidang analisis data statistik, baik analisis data penelitian kualitatif maupun kuantitatif. Di samping penguasaan software ATLAS.ti yang sangat baik, beliau juga menguasai dengan baik analisis data statistik menggunakan software SPSS dan SEM-AMOS.

Pada proses bimbingan  teknis online ini, materi yang dibahas meliputi antara lain konsep dasar dalam penelitian kualitatif, data dalam penelitian kualitatif, coding data manual, pengenalan dasar software ATLAS.ti, coding data dengan menggunakan aplikasi analisis data, Diikuti peserta dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Barat.

Berita Terkait : Pelatihan Metode Penelitian Kualitatif dengan Software Atlas.ti  

Dari bimbingan ini diharapkan peserta memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian dan analisis data kualitatif menggunakan software ATLAS.ti. Melalui pelatihan ini pula, peserta dapat mengetahui manfaat ATLAS.ti dalam membantu melakukan analisis data walaupun aplikasi ini tidak dapat mengolah data dengan sendirinya. ATLAS.ti berfungsi analisis data, mengorganisir data, menyimpan data, memudahkan dalam memanggil data melalui kode, mencari tahu hubungan antar data, dan lain-lain.

Leave a Reply