Pengelolaan Arsip Digital Dengan Aplikasi eFiling

Pengelolaan Arsip Digital Dengan Aplikasi eFiling

Seiring dengan berkembang teknologi, arsip berbentuk digital mulai banyak digunakan. Karena arsip digital menjadi salah satu cara paling aman untuk menyimpan arsip, Focus Techno Media menyelenggarakan pelatihan pengelolaan arsip digital untuk menjawab kebutuhan dalam pengelolaan arsip secara digital.

Sebelum berkembangnya arsip digital, arsip disimpan dalam sebuah lemari atau rak rak yang berbentuk arsip fisik, penyimpanan arsip seperti ini tentunya akan memerlukan biaya dan perawatan yang cukup besar, arsip fisik juga memiliki resiko resiko lain misalkan rusak karena usang, hilang karena hal tertentu, atau bencana alam yang tidak di harapkan.

Pengelolaan Arsip Digital Dengan Aplikasi eFiling

Data-data yang dapat disimpan dalam arsip yang berbentuk digital dapat berupa gambar, suara, video, dan data lainnya. Sehingga arsip digital tidak hanya memiliki kemampuan menyimpan data berupa text atau tulisan namun juga dapat menyimpan data lain yang kemudian dapat dijadikan sebagai sebuah data dalam bentuk biner. Sehingga selanjutnya arsip berjenis digital dapat diolah dalam program komputer dan disimpan dalam penyimpanan data digital.

Berbeda dengan arsip fisik, arsip dalam bentuk digital dapat disimpan di media yang dapat menyimpan data dalam bentuk digital, yakni memiliki bentuk yang berbeda dengan fisik arsip aslinya. Media ini tidak dapat dibaca secara langsung tanpa menggunakan alat bantu pembaca media digital, misalnya komputer atau alat lainnya.

Berita terkait : SMK Kehutanan Negeri Manokwari Mengikuti Pelatihan SIMPEG dan Kearsipan

Sehingga dengan berkembangnya zaman dan teknologi seperti saat ini, arsip digital jadi cara paling aman untuk menyimpan arsip apapun. Perbedaan penyimpanan antara digital dan arsip fisik pada dasarnya ada pada format penyimpanannya.

Pelatihan Pengelolaan Arsip

Bimtek Pelatihan Pengelolaan Arsip Digital mempelajari proses alih media atau digitaliasi dari media fisik menjadi digital. Kegiatan ini juga meliputi manajemen file digital pada media elektronik.

Pengelolaan Arsip Digital Dengan Aplikasi eFiling

eFiling adalah adalah aplikasi pengelolaan aplikasi digital modern yang memudahkan dalam pengelolaan arsip. Juga memudahkan dalam pengelompokan arsip serta mencari kembali arsip digital dengan cepat. Aplikasi eFiling memiliki fitur fitur yang memudahkan instansi atau lembaga perusahaan untuk mengelola arsip digital mereka. Kemudahan dalam membuat direktori (mengelompokan arsip,) upload arsip, mengunci arsip yang bersifat rahasia dan berbagi arsip kepada sesama pengguna.

Aplikasi eFiling dibangun berbasis website sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan implementasi terhadap aplikasi tersebut. Aplikasi dapat di letakkan pada komputer server lokal atau server yang terhubung dengan internet.

Leave a Reply