Peningkatan Kapasitas BPD | Bimtek TUPOKSI BPD & Pemerintah Desa

Peningkatan Kapasitas BPD | Bimtek TUPOKSI BPD & Pemerintah Desa
Ilustrasi pelatihan kapasitas BPD

Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD diselenggarakan dengan maksud untuk membekali anggota BPD dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. Bekal yang disampaikan adalah mengenai pemahaman dasar hukum dan pedoman penyusunan produk hukum desa dan pengelolaan aset desa. Dalam kegiatan ini juga memberikan fasilitasi dan kordinasi antar BPD diseluruh kecamatan dalam menghadapi permasalahan penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan kewenangan desa. Pada ujungnya seluruh peserta dapat mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing dalam menjalankan pemerintahan desa sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai.

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Fungsi ini menempatkan BPD sebagai lembaga yang strategis dalam pembentukan peraturan desa yang akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembangunan desa. BPD juga memiliki fungsi strategis lain yaitu menyerap aspirasi masyarakat, menampung, mengelola aspirasi tersebut dan merumuskan dalam langkah kebijakan desa. Yang artinya bahwa aspirasi masyarakat merupakan salah satu pedoman yang harus dijalankan oleh kepala desa beserta jajarannya dalam program pembangunan desanya.

Hebatnya, BPD juga memiliki kekuatan dalam mendorong lahirnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) melalui musyawarah desa atau MUSDES.  Berdirinya BUMDes harus mendapatkan lampu hijau dari BPD. Kemudian BPD akan selalu mencermati jalannya operasional BUMDes yang tidak bisa tidak harus memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Focus Techno Media telah berpengalaman dalam menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas BPD dengan menyediakan narasumber yang kompeten dan relevan. Lebih utama lagi adalah menyediakan fasilitas selama jalannya bimtek untuk menjamin kelancaran dan hasil yang optimal dari bimtek. Penyelenggaraan bisa dilakukan di berbagai kota dengan pilihan hotel yang mengutamakan kenyamanan sarana prasarana pelatihan dan konsumsi yang memuaskan.

Leave a Reply