Bimtek Manajemen Kearsipan Untuk Seluruh OPD Kab. Karanganyar

Bimtek Manajemen Kearsipan Untuk Seluruh OPD Kab. Karanganyar

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media. Media perekaman sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima. Dalam hal ini diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan. Digunakan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara (UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan). Dengan dasar inilah BKPSDM Kab. Karanganyar menyelenggaran Bimtek Manajemen Kearsipan untuk mendapatkan tatakelola arsip yang baik.

Arsip yang dibuat dan diterima organisasi atau instansi baik pemerintah ataupun swasta perlu dikelola dalam sistem kearsipan dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi. Realitas di lapangan , masih banyak ditemui organisasi atau instansi yang belum menyadari pentingnya fungsi arsip, sehingga arsip sering kali tidak diperhatikan, tidak diminati, atau dianggap tidak penting untuk dipahami dan diterapkan di perusahaan yang pada akhirnya tidak dibuat perencanaan dan pengendalian arsip yang baik.

Tujuan Kegiatan

Tujuan dari sistem manajemen kearsipan adalah mendapatkan dokumentasi yang baik dan sesuai dengan kebijakan serta kejadian, peristiwa atau kegiatan yang nyata. Selain itu juga sesuai manajemen operasi organisasi yang efektif dan efisien.

BKPSDM Kabupaten Karanganyar, Jawatengah menyelenggarakan bimtek Manajemen Kearsipan untuk instistusi pemerintah di lingkungan yang menjadi kewenangannya. Pada tanggal 05 Juli 2022 mengambil tempat di hotel SwissBell Surakarta, telah sukses menjalankan agenda kegiatan bimtek bekerjasama dengan Focus Techno Media. Acara berjalan lancar dimulai dari jam 08.00 hingga jam 12.00 dan diteruskan agenda rapat dan diskusi lintas OPD setelah sebelumnya menjalani ISHOMA.

Ibu Dwi Amoerawati, S.IP, M.Si, (Sekban BKPSDM) mewakili bapak kepala BKPSDM Kabupaten Karanganyar yang berhalangan hadir. Selanjutnya materi pertama disampaikan oleh Drs. Daryatmi, MM(SekDis Dinas Kearsipan Kab. Karanganyar dengan tema “Kebijakan Penyelenggaraan Kearsipan di Kab. Karanganyar”. Untuk sesi kedua diisi oleh staf ahli Dinas Kearasipan yaitu ibu Sri Sulasmi, SIP dengan materi “Teknis Pengelolaan Arsip”. Pada sesi ketiga dan keempat diisi staf ahli dari Dinas Kearsipan Propinsi yaitu Drs, Widhi Setyawan, M.M. Pada sesi keempat ini berjudul “Pengawasan Kearsipan” dilanjutkan ” Evaluasi dan penyelenggaraan Kearsipan Kab. Karanganyar”.

Bimtek Manajemen Kearsipan Untuk Seluruh OPD Kab. Karanganyar Jawa Tengah

Focus Techno Media sebagai rekanan penyelenggara mempersiapkan acara secara detail dan cermat. Semua dilakukan untuk menjamin acara bisa berlangsung dengan lancar dan baik. Semua hal yang diperlukan dalam upaya mencapai hasil optimal dilakukan secara cermat dan penuh tanggungjawab.

Leave a Reply