Bimtek MOT | Peningkatan Kapasitas SDM BKPSDM Palangkaraya

bimtek management of training

MOT atau Management Of Training merupakan suatu tatacara mengelola pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM. Materi dari program MOT adalah pelatihan untuk menyusun perencanaan, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi penyelenggaraan pelatihan. Didalamnya meliputi perencanaan model, menyusun seperangkat instrumen serta metode yang akan diterapkan dalam pelatihan. Dengan demikian sebuah pelatihan dapat berjalan secara efektif dan dapat mencapai tujuan yang dikehendaki. Untuk itu BKPSDM Palangkaraya menunjuk beberapa SDM yang menjadi kewenangannya untuk mengikuti Bimtek MOT selama 3 hari di  FTM Yogyakarta.

Manfaat dari kegiatan MOT adalah untuk menambah kualitas dan kompetensi SDM dalam merancang dan mengelola sebuah pelatihan. Dengan demikian peserta harus memahami konsep dasar mengenai Management of Training. Kemudian melakukan Analisis Kebutuhan, Penetapan Tujuan, Pengembangan Desain, Pelaksanaan dan Evaluasi Diklat. Peserta juga harus mampu mengkoordinasikan penyelenggaraan diklat yang dilaksanakan oleh institusinya.

Dengan upaya ini diharapkan pelatihan yang dikelola nantinya bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Pelatihan mampu memberikan berbagai hal yang dibutuhkan dan sangat  diperlukan oleh semua peserta pelatihan. Demikian pula peserta ditargetkan dapat meningkatkan kompetensinya dengan menghasilkan output dan gagasan baru bagi institusinya dengan laporan dari pelaksanaan kegiatan bimtek MOT ini.bimtek mot

Materi Bimtek

Materi yang disampaiakan dalam kegiatan ini adalah

  • Pengertian, peran dan fungsi MoT bagi aparatur dan organisasi
  • Mekanisme penyelenggaraan Training Aparatur (perumusan, tujuan, pola dan penyelenggaraan training)
  • Pembangunan Aparatur menuju Good Governance
  • Struktur Organisasi Training Center
  • Struktur Internal
  • Hubungan dengan Departemen Lain (Users)
  • Resources Management System

Baca juga : Tips emilih Lembaga Pelatihan

Focus Techno Media secara profesional menyelenggarakan pelatihan tersebut di kota Yogyakarta. Bila tertarik dengan bimtek mengenai Management of Training, silahkan menghubungi narasumber kami.

Leave a Reply