Manajemen Kepegawaian | Pengembangan Kapasitas Pegawai

Manajemen Kepegawaian PNS (Pegawai Negeri Sipil) diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 tentang perubahan PP Nomor 11 Tahun 2017, tentang manajemen PNS. Aturan perundangan ini adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan kinerja dan pengabdian SDM. Peningkatan kinerja meliputi efisiensi, efektifitas, derajat profesioanalisme, penyelenggaraan tugas, fungsi dan kewajiban kepegawaian. Dengan demikian tercermin dalam perencanaan, pengadaan, pengembangan kualitas, penempatan, promosi, pengajian, kesejahteraan, dan pemberhentian PNS. Untuk itu BKPSDM Kabupaten Kubu Raya menyelenggarakan  bimtek Manajemen Kepegawaian di Focus Techno Media di kota Yogyakarta.

Maksud dan tujuan dari manajemen kepegawaian adalah upaya mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dan telah disepakati bersama. Tujuan yang telah ditentukan ini tidak lain adalah tujuan lembaga atau badan usaha dalam mencapai hasil atau output. Inilah yang disebut tujuan yang berorientassi kepada hasil (production oriented). Kegiatan-kegiatan manajemen kepegawaian antara lain:1. Pengadaan sumbar daya manusia, rekruitmen dan seleksi, orientasi dan penempatan pegawai.2. Pengembangan sumber daya manusia; kesejahteraan pegawai, konseling, pelatihan/pendidikan, mutasi, rotasi, promosi, pemindahan, pelibatan dalam kegiatan, dan sebagainya.3. Pemanfaatan pegawai; motivasi, pemberhentian, pemensiunan.

Bimtek berlangsung selama 3 hari untuk mencapai 32 JPL, diselenggarakan mulai jam 08.00 hingga 16.00 sore hari. Kegiatan berlangsung dengan baik dengan narasumber yang memang kompeten di bidangnya. Waktu total selama hampir kurang lebih 24 jam yang tersedia rasanya masih sangat kurang. Berbagai topik dibahas dengan hangat dan penuh semangat didiskusikan. Hal ini karena materi yang dibahas merupakan pekerjaan sehari-hari dan dirasakan sangat penting untuk dipahami dan diimplementasikan.

Baca Juga : Bimtek Android Flutter

Focus Techno Media secara profesional menyelenggarakan pelatihan tersebut di kota Yogyakarta. Namun dengan senang hati bila diminta untuk menyelenggarakan dikota lain di seluruh Indonesia. Baik jumlah peserta hingga biaya pelatihan serta sarana prasarana bisa disepakati bersama agar menguntungkan semua pihak. Bila tertarik dengan bimtek mengenai Manajemen Kepegawaian, silahkan menghubungi narasumber kami.

Leave a Reply