Aplikasi SIPD | Peningkatan & Evaluasi Pengelolaan Keuangan

Aplikasi-SIPD_Peningkatan-&-Evaluasi-Pengelolaan-Keuangan

Aplikasi SIPD adalah sistem informasi yang membantu penyediaan data dan informasi pembangunan daerah, penyusunan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah. Sistem ini diselenggarakan secara elektronik yang pelaksanaannya oleh pemerintah daerah secara nasional. SIPD berperan dalam menyediakan informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sehingga menghasilkan layanan informasi pemerintahan daerah yang saling terhubung atau terintegrasi serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan efisien. Namun saat ini implementasi aplikasi SIPD masih memunculkan kendala teknis dan bisa menganggu  jalannya pemerintahan dan pembangunan.

Aplikasi-SIPD-Peningkatan-&-Evaluasi-Pengelolaan-Keuangan-Bersamai-Focus-Techno-Media

BKPSDM dan BKAD kota Palangkaraya berupaya mereduksi kendala-kendala yang ada dalam implementasi SIPD dengan kegiatan bimtek Aplikasi SIPD. Bertempat di hotel Cokro Style Yogyakarta, sejumlah SDM dari berbagai OPD Kota Palangkaraya mengikuti acara ini. Kegiatan berjalan selama 4 hari dan didisi narasumber dari kantor Kementrian Dalam Negri yang dalang langsung dari Jakarta. Hadir pula dalam acara ini beberapa pejabat yang berwenang dari Kota Palangkaraya. Asisten III Bupati, Kepala BKAD dan Kepala BKPSDM duduk di kursi kehormatanmemantau acara ini.

Acara berlangsung sangat seru dengan banyaknya permasalahan yang dihadapi SDM bagian keuangan disetiap OPD. Bahkan konsultasi kepada narasumber berlangsung hingga diluar jam bimtek, hingga malam hari. Terlihat para peserta memanfaatkan benar-benar sesi tanya jawab dan kosultasi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dialami di kantor masing-masing. Waktu yang disediakan selama 3 hari dari pagi hingga sore hari dirasa masih kurang untuk menuntaskan kendala-kendala yang muncul. Semua peserta bimtek kompak menyatakan bahwa waktu yang disediakan pada acara kali ini masih perlua ditambah dan harus diselenggarakan kembali kegiatan selanjutnya. BKAD dan BKPSDM Kota Palangkaraya nampaknya memaklumi kondis ini dan berjanji akan kembali berupaya menyelenggarakan kegiatan Bimtek seperti ini segera di tahun depan.

Baca juga : ..Implementasi Transaksi Non Tunai dan Orientasi Lapangan Pemerintah Daerah

Penutup

Focus techno Media melayani dengan baik seluruh peserta dari hari kedatangan hingga pengantaran kembali ke airport. Jumah peserta bimtek tercatat 102 peserta ditambah sejumlah tamu kehormatan dan narasumber . Untuk acara ini disediakan 2 big bus dan 4 armada mini bus setiap harinya untuk mendukung kelancaran kegiatan.