Bimtek BLUD Puskesmas | Capacity Building Dinkes Kab. Seruyan

Bimtek BLUD Puskesmas_Capacity Building Dinkes Kab. Seruyan

BLUD adalah kepanjangan dari Badan Layanan Umum Daerah. BLUD merupakan sistem pada unit pelaksana teknis dinas/badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan pengelolaan keuangan yang mandiri.  Dampak dari pengelolaan keuangan mandiri ini sehingga mempunyai fleksibitas dalam pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya. Puskesmas dan UPT Dinkes lainnya diharapkan bertranformasi menjadi berbentuk BLUDHal ini dikarenakan ada kebijakan dari Pemerintah Pusat bahwa BPJS akan melakukan transfer dana ke Puskesmas, yang dapat diakui sebagai pendapatan Puskesmas. Ini yang sering di sebut dana kapitasi BPJS. Berdasar inilah Dinkes Kabupaten Seruyan dengan serius mensikapi dan menyelenggarakan Bimtek BLUD Puskesmas.

Bimtek BLUD Puskesmas Capacity Building Dinkes Kab. Seruyan

BLUD Puskesmas bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang kesehatan yang berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat. Dengan Puskesmas menjadi badan layanan umum daerah daerah dengan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan diharapkan lebih optimal dalam melayani masyarakat. Dengan sistem ini puskesmas akan berkembang dengan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktik bisnis yang sehat.

Dokter Bahrun Abbas, MPH selaku kepala Dinas Kesehatan kabupaten Seruyan memimpin langsung rombongan dari perwakilan beberapa puskusmas di wilayah kerjanya. Dalam sambutannya beliau sangat berharap semua peserta Bimtek BLUD Puskesmas mampu menyerap ilmu dan pengalaman dalam kegiatan ini. Dengan tambahan wawasan dan ketrampilan ini diharapkan segera seluruh puskesmas di kabupaten Seruyan menerapkan BLUD. Untuk teknis pengelolaan baik sistem keuangan maupun teknis manajemen secara keseluruhan tinggal mengkloning  Puskesmas terbaik ini.

Bimtek BLUD Puskesmas Capacity Building

Diawali kunjungan kerja ke Puskesmas di kabupaten Sleman yang menyandang penerapan BLUD terbaik nasional. Paserta bimtek disambut dan diterima  dengan baik oleh staf dan pimpinan Puskesmas. Segala sesuatu mengenai BLUD yang dijalankan dijelaskan seluruhnya hingga detail dan diberikan pengalaman-pegalaman kendala dan solusinya. Tentu saja yang banayak menjadi sorotan adalah pengelolaan keuangan yang menjadi pokok permasalahan dalan badan layanan kesehatan masyarakat ini.

Artikel terkait : Pengelolaan Keuangan BLUD