GIS Kesehatan | Pelatihan TI Dinas Kesehatan Kabupaten Buton

pelatihan gis kesehatan

SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis. Secara umum pengertian SIG adalah Suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumber daya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, meng-integrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis. Dalam bidang kesehatan, aplikasi GIS, misalnya dapat digunakan untuk menentukan masalah kesehatan berdasarkan aspek lokasi berdasarkan data-data kependudukan. Untuk itulah Dinas kesehatan Kabupaten Buton mengirmkan beberapa orang staf untuk mengikuti Bimtek GIS Kesehatan. Mereka akan mempelajari bagaimana peranan SIG dalam mendukung program kesehatan masyarakat.

Bimtek GIS Kesehatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 pahi hari hingga 16.00 setiap hari selama 3 hari berturut-turut. Dengan sarana dan prasarana yang memadai baik perangkat komputer hingga GPS serta aplikasi-aplikasi yang telah dipersiapkan, kegiatan berjalan dengan baik. Peserta pelatihan mendapatkan wawasan baru mengenai penanganan kesehatan masyarakat dengan pendekatan yang berbeda. Setiap sesi eplatihan berjalan seru dan penuh semangat nampak dari diskusi yang cukup intens dan mendalam. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang antusias dalam mengembangkan wawasan mengenai bidang ini. Harapannya dengan ilmu baru ini mereka mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi bagi masyarakat.

pelatihan pemetaan menggunakan gis

Baca juga : Bimtek pemetaan dengan drone | PUPR Dogiyai Papua

Focus Techno Media Yogyakarta selalu memberikan layanan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap dengan didukung pengalaman menyelenggarakan berbagai kegiatan pelatihan, menjamin semua terselenggara dengan sukses. Untuk penyelenggaraan GIS Kesehatan ini menempatkan instruktur yang GIS yang telah berpengalaman dan profesional. Sarjana Geografi lulusan dari UGM ini memberikan pengetahuannya dengan cukup baik. Berbagai solusi dan tip diberikan untuk berbagai permasalahan yang dihadapai peserta pelatihan dalam memahami materi pelatihan.