Bimbingan Teknis Penguatan Penerapan Kode Rekening Belanja

Bali, 3 Juni 2024 – Proses penganggaran yang efektif dan efisien menjadi kunci dalam pengelolaan keuangan di lingkungan pemerintah. Untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan kode rekening belanja dalam proses penganggaran, Focus Techno Media Yogyakarta menggelar “Bimbingan Teknis Penguatan Penerapan Kode Rekening Belanja Dalam Proses Penganggaran” di Platinum Hotel Jimbaran Beach, Bali. Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 300 peserta dari Sumber Daya Manusia (SDM) dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Kegiatan pelatihan ini dimulai pada hari Senin, 3 Juni 2024, dan direncanakan akan berlangsung selama tiga hari. Platinum Hotel Jimbaran Beach dipilih sebagai lokasi pelatihan karena fasilitasnya yang nyaman dan strategis. Sehingga para peserta dapat fokus pada pembelajaran. Dalam pelatihan ini, peserta diajak untuk memahami secara mendalam tentang pentingnya kode rekening belanja dalam proses penganggaran serta teknis implementasinya dalam praktik.

Peserta pelatihan berasal dari berbagai OPD di Kabupaten Kutai Timur. Ini memiliki peran penting dalam penyusunan anggaran dan pengelolaan keuangan daerah. Dengan pemahaman yang kuat tentang kode rekening belanja, diharapkan mereka dapat memperbaiki akurasi dan konsistensi dalam pelaporan keuangan. Serta meningkatkan efisiensi pengelolaan dana publik.

Kerjasama antara Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kutai Timur dengan Focus Techno Media Yogyakarta telah memungkinkan terselenggaranya pelatihan ini. Dengan adanya dukungan dari pihak terkait, pelatihan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

bimtek pemerintah daerah

FTM Yogyakarta, memiliki komitmen untuk memberikan materi yang relevan dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan peserta. Selain itu, metode pembelajaran yang interaktif dan partisipatif digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan tata kelola keuangan daerah di Kabupaten Kutai Timur. Diharapkan, para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan  yang diperolehnya untuk meningkatkan pengelolaan keuangan di OPD masing-masing.

Penutup

Kegiatan pelatihan ini akan diakhiri dengan sesi evaluasi dan penyerahan sertifikat kepada para peserta yang telah menyelesaikan program dengan baik. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para peserta dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Design By. Focus Techno Media Yogyakarta 2023