pelatihan audio visualPelatihan Audia Visual DPPKH Kota Bogor, Jawa Barat

Sleman – Direktorat Pengukuhan dan Penatagunaan Kawasan Hutan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat mengirimkan 5 orang pegawai dan staf untuk mengikuti pelatihan Audio Visual di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 12 Februari s.d. 14 Februari 2018 bertempat di Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan juga unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi 2 jenis media auditif (mendengar) serta visual (melihat). Media Audio visual merupakan sebuah alat bantu audio visual yang berarti bahan atau alat yang digunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan serta kata yang diucapkan dalam memberi pengetahuan, sikap, dan ide.Pelatihan Audio Visual

Pelatihan Audio Visual menitikberatkan pada proses pembuatan dan editing foto digital menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, dan video dokumenter dengan memanfaatkan aplikasi Adobe Premier Pro dan Adobe After Effects. Pelatihan diawali dengan pengenalan tentang foto digital dan video dokumenter, pengaturan kamera video, cara penggunaan kamera video, teknik shooting, editing digital, dan sebagainya.

Berikutnya dilakukan praktik pembuatan skenario (storyboard) dan cara pengambilan gambar yang benar dan sesuai dengan situasi dan kondisi yang diinginkan, baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor).

Baca juga: Pelatihan Multimedia dari DISHUBKOMINFO Kaimana Papua

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan Audio Visual baik yang berupa teori maupun praktik, peserta mengerti dan memahami seluk beluk peralatan kamera video dan teknik-teknik menggunakannya sehingga peserta mampu membuat dan menghasilkan foto dan/atau dokumentasi kegiatan digital yang dibuat sendiri secara profesional baik berupa foto digital maupun video dokumenter. (Ocd)