Analisis Data Sektoral – Pelatihan Visualisasi Data Statistik Sektoral

Statistik Sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yag merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan. Analisis Data sektoral adalah telaah data mentah menjadi data yang mudah dipahami dan bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Menjadi tanggung jawab bagian statistik yang harus mengolah data sebagai bahan dasar perumusan kebijakan, menyusun rencana program dan kegiatan. Juga menjadi kewajibannya menyelenggarakan pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisis, sinkronisasi, koordinasi data dan informasi, Demikian juga data-data dalam bidang sosial, ekonomi, SDA dan infrstruktur serta evaluasi pelaksanaan program di Bidang Statistik.

Data statistik yang akurat dan lengkap sangat dibutuhkan untuk menjadi dasar pembuatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan hasil pembangunan. Data yang baik dan berkualitas hanya bisa didapat dengan metode statistik. Jadi penyelenggaraan pemerintahan yang membutuhkan data yang akurat harus melibatkan SDM dengan pengetahuan statistik yang memadai.

Focus Techno Media menyelenggarakan pelatihan analisis data sektoral untuk memberikan peserta dalam bidang statistik. Peserta pelatihan dipaksa untuk mampu  menyusun rancangan pembuatan statistik sektoral dengan survei lapangan yang terukur, lewat penyusunan kuesioner, serta analisis data yang didapat untuk beragam kebutuhan.

Manfaat Pelatihan

Selama tiga hari peserta pelatihan akan disiapkan sehingga memahami kegiatan statistik sektoral, pengambilan sampel dan melaksanakan survey dengan baik. Sesi berikutnya diajarkan bagaimana membuat kuesioner tipe F3. Disamping itu para peserta juga akan dibimbing dalam menggunakan Ms Excel dalam kaitannya dengan statistik (tabel dan grafik). Dihari terakhir dibimbing dalam melakukan analisis statistik deskriptif pada meta data dan melakukan pembuatan statistik sektoral sesuai kebutuhan

Baca Juga : Visualisasi data sektoral dengan Google Data Studio

Materi Pelatihan

  1. Mengenal Statistik Sektoral
  2. Mengenal website resmi BPS: SIRUSA
  3. Dasar-dasar Survei
  4. Pembuatan Kuesioner yang Baku
  5. Membuat Kuesioner untuk Statistik Sektoral dengan pedoman Formulir FS-3
  6. Analisis Validitas dan Reliabilitas Kuesioner
  7. Teknik Sampling (Menentukan dan mencari Sampel)
  8. Menghitung beragam data statistik dasar, seperti Angka Melek Huruf (AMH), Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Putus Sekolah (APTS) dll.
  9. Analisis Meta Data Statistik