Pelatihan Bidang Kehumasan

Yogyakarta – Bagian Humas Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur menugaskan 2 orang pegawai/staf ke Focus Tecno Media Yogyakarta dalam rangka mengikuti kegiatan pelatihan bidang Kehumasan dan Protokoler yang diselenggarakan oleh Focus techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 18 September s.d. 20 September 2019 di gedung Grha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta.

Humas dan protokoler atau yang sering juga disebut dengan public relation merupakan lembaga di sebuah institusi/organisasi baik organisasi swasta maupun pemerintahan yang mempunyai fungsi pokok untuk membangun citra dan image organisasi atau pemerintahan yang positip yaitu baik, produktif, dan humanis di mata masyarakat luas.

Dalam pelatihan bidang kehumasan dan protokoler ini, peserta belajar tentang sikap diri yang positif dan memberlakukan standar sikap dan perilaku dalam acara-acara bisnis nasional maupun internasional sebagai aktivitas kehumasan. Belajar menjadi Protokoler yang professional, mengelola dan mengatur tata tempat, tata penghormatan, tata upacara, dan mengelola tamu VIP, sekaligus memiliki kepribadian menarik dan menyakinkan dalam berbagai acara, baik acara resmi maupun acara tidak resmi.

Peserta juga, belajar menguasai teknik berbicara dengan menerapkan bahasa yang baik dan benar serta sikap tubuh yang meyakinkan. Belajar merencanakan, menyusun, mengonsep acara dan secara langsung mempraktekkannya. Pun, belajar menjadi protokoler yang berhubungan dengan MC agar bisa mempersiapkan dengan baik secara keseluruhan acara/event khusus yang diselenggarakan oleh mitra, seperti penandatanganan MOU, seminar dan forum formal lainnya mencakup jadual acara, layout ruangan dan teknis lainnya.

Baca Juga : Kehumasan Provinsi Kalimantan Timur Mengikuti Pelatihan Video Profil dan Kearsipan

Materi disampaikan dalam bentuk presentasi, diskusi, tanya jawab dan praktek di dalam kelas. Namun demikian, peserta juga melakukan praktek lapangan dalam bentuk kunjungan dan studi banding ke Bagian Humas Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (Ocd)