pelatihan Desain Website.Diskominfo-Sandi kabupaten Kolaka Timur mengikuti pelatihan Desain Website.

Yogyakarta – Diskominfo-Sandi kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara  mengirimkan dua SDM untuk mengikuti pelatihan Desain Website. Kegiatan ini hasil  kerjasama yang baik dengan Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 19 s.d. 21 Juni 2019. Pelaksanaan bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Website merupakan sebuah sarana untuk menyampaikan ide, informasi, data, dan banyak hal kepada setiap pengguna internet tanpa ada batasan ruang dan waktu. Website juga dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi dan melakukan komunikasi dengan pengunjung. Pada saat ini dan yang akan datang, setiap organisasi, instansi, dan bahkan individu dituntut memiliki webiste yang aktif, untuk keperluan informasi maupun komunikasi interaktif. Website mampu bekerja menyampaikan informasi 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Pada pelatihan Desain Website ini, peserta belajar cara merancang dan membuat website dimulai dari konsep dasar desain website. Aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah website, website script (HTML) editor, pembuatan layout halaman. Lebih jauh perlu juga diperhatikan tentang link, editing  foto, animasi dalam website serta hal yang berkaitan dengan website.

Baca juga :  Pelatihan Public Speaking

Peserta juga diperkenalkan dan belajar beberapa aplikasi untuk pembuatan website, dalam hal ini program yang dipakai adalah Adobe Dreamweaver untuk perancangan dan pembuatan website. Adobe Fireworks untuk pembuatan dan penyuntingan foto/gambar dan Adobe Flash Professional untuk pembuatan dan penyuntingan obyek animasi.

Diharapkan dari pelatihan Desain Website ini, peserta mempunyai keterampilan untuk mendesain dan membuat website dengan menggunakan program Adobe Dreamweaver. Membuat dan menyunting foto/gambar dengan program Adobe Fireworks, membuat dan menyunting obyek animasi dengan program Adobe Flash Professional untuk ditambahkan ke website sehingga tampilan website tidak statis dan menjadi lebih menarik.

Disamping itu, peserta juga diharapkan mempunyai kemampuan untuk mengunggah (upload) dan  mempublikasikan (publish) website hasil rancangannya ke beberapa penyedia jasa web hosting di dunia maya/internet. (Rcd)