Pelatihan Disaster Management

Sleman – Menindaklanjuti kesepakatan (MOU) antara Direção Geral Serviços dos Operacionais DNPC Ministério do Interior Timor Leste dengan Direktur Focus Techno Media Yogyakarta. DNPC Ministério do Interior Timor Leste mengirimkan 5 orang pegawai/staf untuk mengikuti pelatihan Manajemen Bencana (Disaster Management) dan Tanggap Darurat Bencana (Emergency Response) di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan diselenggarakan selama 10 hari kerja mulai tanggal 10 April 2017 sampai dengan 21 April 2017. Pelatihan dilaksanakan dengan metode presentasi di dalam kelas dan praktek di lapangan dengan prosentasi 30% teori di dalam kelas dan 70% praktek di lapangan.

kunjungan ke damkar jogjakarta

Dalam pelatihan Manajemen Bencana (Disaster Management) dan Tanggap Darurat Bencana (Emergency Response), peserta dari DNPC Ministério do Interior Timor Leste dibimbing oleh praktisi dan instruktur profesional dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta (DIY). Presentasi dan teori tentang kebencanaan dilaksanakan di gedung Grha Focus Techno Media Yogyakarta, sedangkan untuk praktek bencana alam dan tanggap darurat bencana dilaksanakan di Pantai Glagah Kulonprogo dalam format pendidikan dan pelatihan Search And Rescue (SAR).

pelatihan disaster manajemen

Disamping itu, juga dilaksanakan pelatihan dan praktek dalam mengatasi bencana kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Yogyakarta.Untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang bencana alam, peserta diajak mengunjungi rumah Domes di desa New Nglepen, Sengir, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Rumah Domes dibangun sebagai rumah tahan gempa. Penghuni rumah Domes adalah warga yang rumahnya hancur karena gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta pada 27 Mei 2006 silam. Di rumah Domes, peserta pelatihan dari DNPC Ministério do Interior Timor Leste memperoleh pelajaran yang luar biasa tentang bagaimana mengantispasi dan meminimalisir kerusakan akibat bencana gempa bumi.

pelatihan disaster manajemen jogjakarta

Peserta pelatihan dari DNPC Ministério do Interior Timor Leste, juga diajak mengunjungi Museum Merapi (Merapi Volcano Museum) di Jl. Kaliurang Km. 22 Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Di Museum Merapi, peserta pelatihan dari DNPC Ministério do Interior Timor Leste dapat melihat sejarah gunung Merapi yang sangat terkenal dan salah satu gunung berapi teraktif di dunia. Peserta pelatihan dari DNPC Ministério do Interior Timor Leste juga dapat menyaksikan dari film “Mahaguru Merapi” bagaimana pemerintah, dalam hal ini Badan Penanggulan Bencana Nasional (BPBN) dalam mengantisipasi bencana letusan gunung Merapi. Selesai mengunjungi Museum Merapi (Merapi Volcano Museum), peserta pelatihan dari DNPC Ministério do Interior Timor Leste didampingi untuk melihat secara langsung dampak dari erupsi merapi tahun 2010 dengan mengikuti “Lava Tour Merapi” dengan mengunjungi tempat-tempat yang rusak atau hancur sebagai akibat dari letusan gunung Merapi tahun 2010, seperti reruntuhan rumah warga, bekas motor dan mobil terbakar, bunker Kaliadem dll.

pelatihan disaster manajemen di jogja

 

Dengan mengunjungi tempat-tempat bekas korban bencana alam, baik gempa bumi maupun erupsi Merapi serta latihan SAR dan Damkar peserta pelatihan dari DNPC Ministério do Interior Timor Leste dapat memperoleh gambaran dan pemahaman tentang Manajemen Bencana (Disaster Management) dan Tanggap Darurat Bencana (Emergency Response) untuk mengantisipasi dalam menghadapi bencana yang terjadi. (Rcd)