Pelatihan Online Cyber SecurityPelatihan Online Cyber Security

Yogyakarta – Pada saat ini perkembangan internet sangat begitu cepat. Keamanan system informasi semakin terancam dengan aktivitas kejahatan di dunia maya / cyber crime. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sangat dibutuhkan system keamanan untuk menjaga data atau system informasi perusahaan atau instansi agar tidak disalahgunakan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Sistem keamanan tersebut adalah Cyber Security. Praktik dalam cyber security seperti pemasangan firewall, pembuatan backup data, menggunakan jaringan wifi yang aman, serta hal-hal lainnya yang bisa mencegah kejahatan di dunia maya dari mengakses komputer, jaringan, maupun data perusahaan atau instansi.

Mengapa Cyber security semakin penting di era modern saat ini? dikarenakan semakin  banyaknya penggunaan komputer seperti komputer PC, laptop, smartphone, server, dan perangkat IoT (internet of things) yang terhubung dengan jaringan serta penggunaan jaringan komputer seperti internet dalam kehidupan umat manusia sehari-hari semakin luas, maka tidak menutup kemungkinan terjadi akses ilegal yang memanfaatkan teknologi jaringan yang saling terkoneksi tersebut, untuk itu maka diperlukan pencegahan agar perangkat atau device yang terhubung tersebut dapat lebih aman dari tindakan yang merugikan.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan mengenai keamanan Sistem Informasi, Focus Techno Media (FTM) bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional (Kanreg) IX Jayapura menyelenggarakan pelatihan online Cyber Security yang diikuti oleh pegawai dari BKN Kanreg IX Jayapura.

Baca Juga: Penting Cyber Security Untuk Instansi atau Perusahaan

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 24 September s.d. 25 September 2021 dengan durasi 5 jam setiap harinya. Pelatihan ini mempelajari berbagai konsep dasar pada keamanan system informasi. Dimulai dari keamanan pada insrastruktur, jaringan serta keamanan pada Aplikasi. Praktek mempelajari berbagai ancaman ancaman yang dapat ditimbulkan dan bagaimana solusi untuk menangkal terhadap ancaman-ancaman tersebut.(Tgr)