Pelatihan Pengolahan DataPelatihan Pengolahan Data | Peningkatan Kapasitas SDM P4TK Mtk

TECHNOJOGJA.COM YOGYAKARTAPusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika mengadakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Data. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari di Gedung P4TK Matematika Yogyakarta. Peserta pelatihan berjumlah 10 orang.

Pelatihan Pengolahan Data ini menggunakan beberapa software disesuaikan dengan kondisi data yang diolah. P4TK Matematika yang berada di kota Yogyakarta namun menangani seluruh guru matematika tingkat SMA seluruh Indonesia. Data guru matematika dari seluruh Indonesia dikumpulkan dengan berbagai platform dan berbagai jenis. Menjadi tugas SDM di P4TK Matematika untuk merapikan dan kemudian mengolah untuk berbagai keperluan.

Banyaknya data yang jumlah puluhan ribu yang dikirim dari berbagai daerah menyebabkan timbul berbagai permasalaha. Untuk mengatasi tersebut FTM bersama P4TK Matematika membuat SOP untuk mengatasi hal tersebut. Kemudian kepada peserta pelatihan diberikan pelatihan pengolahan data untuk mengatasi permasalahan yang mungkin timbul.

Software berbasis web semacam Google Sheet dan yang berbasis desktop seperti Ms Excel di explore bersama-sama untuk mengatasi masalah. Pengiriman data dari berbagai daerah lebih lancar, cepat dan murah. Pihak P4TK juga juga sangat senang mendapatkan data yang seragam dan mudah diolah walau jumlahnya ribuan data. Semua peserta tidak gagap lagi dalam melakukan export import data dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Mereka juga telah mengenal perintah-perintah atau tools yang digunakan dalam mem-filter data, merekayasa data dan lain sebagainya. Intinya semua data menjadi seragam dan pengolahan berikutnya menjadi cepat dan akurat.

Tidak terasa pelatihan telah memakan waktu tiga hari dan harus berakhir. Semuanya merasa lega dan puas karena permasalahan yang terjadi dan selalu berulang bisa ditangani dengan tuntas.