pelatihan sig

Sleman – Dinas Kehutanan Kabupaten Landak Propinsi Kalimantan Barat mengirimkan salah seorang stafnya, yaitu Bapak Robertus Aprilius Heri untuk mengikuti pelatihan SIG di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan di selenggarakan dari tanggal 19 – 21 Juli 2016, bertempat di Graha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta.

SIG (Sistem Informasi Geografis) adalah aplikasi atau sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisis informasi geografi. Informasi permukaan bumi yang semula disajikan dalam bentuk peta yang dibuat secara manual maka dengan software SIG informasi permukaan bumi tersebut diolah oleh komputer dan hasilnya disajikan dalam format peta digital. Melalui pelatihan SIG, diharapkan peserta dari Dinas Kehutanan Kabupaten Landak mampu memetakan wilayah Kabupaten Landak dalam format peta digital. Dengan peta digital, data yang disajikan lebih akurat dibanding menggunakan data manual, karena peta digital data dapat diambil dengan menggunakan GPS dan citra satelit dengan akurasi yang sangat tinggi.

Baca juga: Bapenda Kutai Barat Pelatihan GIS di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta

Di samping tatap muka di kelas, peserta juga diajak untuk melaksanakan praktik lapangan cara mengoperasikan GPS (Global Positioning System). Bagaimana memulai, menentukan dan mengakhiri titik suatu tempat yang nantinya menjadi sumber data dalam pembuatan dan pengolahan  peta digital dengan software ArcGIS. Semua hal yang berhubungan dengan pemanfaatan GPS dipraktekan di lapangan, jadi bukan hanya teori di dalam kelas saja. Lokasi praktek lapangan GPS tracking mengambil tempat di sekitar gedung rektorat, komplek kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (ocd)