pelatihan spss

Sleman – Dua orang staf dari Policia Nacional de Timor-Leste (PNTL),  mengikuti pelatihan SPSS di Focus Techno Media.  Pelatihan diselenggarakan di kantor  Grha Focus Technomedia Yogyakarta pada tanggal 13 – 17 Juni 2016. Namun pada tanggal 20 – 24 Juni 2016 kegiatan dilanjutkan di Graha Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan full day mulai jam 08.00 – 15.00 WIB. Untuk menjaga kesegaran peserta diberikan selingan coffee break (10.00-10.30). Pada tengah hari diberikan Istirahat dan makan siang (12.00-13.00) seperti pada umumnya. Yang mendapat perintah mengikuti pelatihan adalah  Bapak Mariano Soares dan Bapak Antonia Zulkarias.

Ilmu pengetahuan dibangun dari hasil penelitian dan pondasi penelitian adalah data. Di sini kedudukan analisis dan pengujian data sangat penting.  Analisis dan pengujian data statistik merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam penelitian kuantitatif. Metode pengujian yang dimaksdud adalah seperti uji hipotesis, uji validitas dan reliabilitas, uji kelayakan data dan sebagainya.

pelatihan-spss-TLPDP-Timor-Leste

SPSS merupakan software aplikasi statistik yang populer dan banyak digunakan oleh praktisi, dosen dan mahasiswa. SPSS dapat membantu pengolahan data dan pengujian hipotesis untuk berbagai uji dan analisis dalam statistika. Uji yang dilakukan menggunakan software ini adalah uji t, uji F, uji-uji non parametrik, analisis regresi, analisis korelasi dan lain-lain.

Dalam pelatihan ini, peserta dibimbing untuk dapat menggunakan software SPSS untuk menganalisis permasalahan sosial yang muncul di masyarakat. Mengingat PNTL adalah institusi kepolisian negara  dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat, khususnya dalam penegakan hukum dan pencegahan tindak pidana. Dengan software SPSS, diharapkan analisis data permasalahan  dapat dipecahkan dan dicarikan solusi yang tepat, efektif dan efisien sehingga dapat diambil tindakan preventif.

Sebagaimana biasanya, kegiatan belajar mengajar yang menjadi SOP di Focus Techno Media mengedepankan kenyamanan dalam penyampaian materi pelatihan. Pelatihan selama 5 hari berlalu tanpa terasa dan materi pelatihan bisa tersampaikan semua. (Ocd)