Ministério do Interior RD Timor Leste, Gabinete Inspeção e Auditoria adalah Departemen Dalam Negeri República Democrática de Timor-Leste (RD Timor Leste) yang memiliki unit atau divisi yang disebut “Gabinete Inspeção e Auditoria”. Dalam Bahasa Inggris diterjemahkan sebagai “Inspection and Audit Office” atau “Kantor Inspeksi dan Audit”. Gabinete Inspeção e Auditoria bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan dan audit terhadap kegiatan dan proses di dalam Departemen Dalam Negeri. Yaitu untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan, peraturan, dan standar yang berlaku serta efektivitas pengelolaan dan penggunaan sumber daya. Untuk ini mereka selalu mengembangkan SDM dengan melibatkan dalam Pelatihan Teknik Penulisan Laporan Hasil Audit

Tugas

Tugas-tugas Gabinete Inspeção e Auditoria mungkin meliputi:

  1. Melakukan pemeriksaan internal dan audit terhadap aktivitas dan operasi di Departemen Dalam Negeri.
  2. Memantau kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan yang berlaku.
  3. Menyelidiki dugaan pelanggaran atau ketidakpatuhan dan memberikan rekomendasi perbaikan.
  4. Menilai efektivitas program dan kegiatan di Departemen Dalam Negeri.
  5. Membantu dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan tata kelola yang baik di dalam departemen tersebut.

Gabinete Inspeção e Auditoria berperan penting dalam menjaga integritas, efisiensi, dan akuntabilitas di Departemen Dalam Negeri RD Timor Leste. Ini melalui proses pemeriksaan dan audit yang dilakukan.

Berkaitan dengan pengembangan sumber Daya manusia Ministério do Interior RD Timor Leste, Gabinete Inspeção e Auditoria selalu melakukan upaya. Upaya mereka adalah mengirimkan beberapa staf dan pimpinan untuk mengikuti Pelatihan Teknik Penulisan Laporan Hasil Audit.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghasilkan laporan hasil audit yang efektif dan berkualitas tinggi. Peserta akan belajar tentang langkah-langkah penulisan laporan audit yang benar, struktur laporan yang baik, dan teknik komunikasi yang efektif dalam menyampaikan temuan dan rekomendasi audit.

Ministério do Interior RD Timor Leste, Gabinete Inspeção e Auditoria menggandeng Focus Techno Media penyelenggara pelatihan IT dan SDM yang selama ini memberikan pelayanan paling baik dan terpercaya.

Pelatihan berlangsung hampir 10 hari kerja meliputi paparan dikelas, simulasi hingga berkunjung langsung di kantor Inspektorat Daerah Istimewa Yogyakarta dan diterima langsung oleh bapak Muhammad Setiadi S.Pt, M.Acc sebagai kepala Inspektorat DI Yogyakarta. Seluruh peserta merasa puas mengikuti pelatihan ini, banyak manfaat yang bisa dipetik dan memberikan inspirasi untuk diimplementasikan dalam pekerjaan.

Baca Juga : Pelatihan Audit dan Laporan Keuangan

Penutup

Ibu Vinda, bapak Liberto dan peserta lain, terimakasih sudah menjalin Kerjasama dengan Focus Techno Media. “Hau sei senti husi iha ne’e no hau sei lakohi ita hotu-hotu. Hau espera loron seluk no fatin seluk ita bele hasoru malu fali. (desculpa karik hau lian barak salah 🙂 , *IsA).”