pelatihan it dan sdmPembukaan Pelatihan IT dan SDM

Yogyakarta – Bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta, pada tanggal 20 November 2020 telah diselenggarakan pelatihan TI & SDM yang diikuti oleh peserta dari Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Manokwari Selatan dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Pelatihan TI & SDM mempunyai kiprah strategis guna menaikkan kualitas pegawai dan kompetensinya. Pegawai yang berkompeten dan berkualitas bisa dengan melakukan pengembangan terhadap sumber daya manusia.

Kegiatan pengembangan sumber daya manusia di antaranya melalui aktivitas training pada bidang TI dan SDM. Dalam kaitan ini, Setda Humas Manokwari Selatan dan IAIN Samarinda mengirimkan beberapa pegawai untuk mengikuti pelatihan di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Setda Manokwari Selatan menugaskan 3 orang pegawai untuk mengikuti pelatihan Analisis Beban Kerja, Pelatihan Web Desain dan Pelatihan Pilot Drone. Sedangkan IAIN Samarinda menugaskan pegawainya sebanyak 3 orang untuk mengikuti Pelatihan Pemrograman Google Apps Script.

Baca juga: Pelatihan Pilot Drone Untuk Foto dan Video Setda Manokwari Selatan

Seluruh pelatihan berdurasi tiga hari yang berlangsung dari jam 08.00 hingga jam 15.00. Aktifitas pelatihan dipusatkan di Gedung Focus Techno Media yang berada di jalan Perumnas nomor 83. Untuk pelatihan teori dilakukan di beberapa ruang yang memang didesain sebagai ruang kelas, sedangkan untuk praktik sering berada di luar gedung.

Untuk praktek pelatihan pilot drone jelas harus mengambil tempat di luar kelas. Dikarenakan kantor FTM termasuk dalam wilayah larangan terbang untuk drone, praktek menerbangkan drone mengambil tempat lain. Pada saat ini dipilih wilayah stadion Maguwoharjo yang cukup luas dan bebas untuk berlatih menerbangkan drone. Berbagai keahlian teknis menerbangkan drone harus dipraktikkan di tempat ini dan drone diterbangkan hingga ketinggian 200 meter lebih.