Pelatihan Web DevelopmentPelatihan Web Development

Yogyakarta – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Kaimana, Papua Barat mengirimkan 4 orang pegawai di bagian IT untuk mengikuti pelatihan Web Development di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 2 Oktober s.d. 4 Oktober 2018, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Pelatihan Web Development dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta agar mampu mendesain, membuat dan mengelola website pemerintahan dalam hal ini Diskominfo Kab. Kaimana, Papua Barat. Oleh karena itu, diharapkan setelah selesai mengikuti pelatihan ini, peserta mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam mengelola website sehingga menjadi Pengembang Website (Web Developer) yang baik dan profesional.

Baca juga: Pelatihan Teknologi Informasi – Pelatihan Desain Website Setda Manokwari Selatan

Pada pelatihan ini peserta belajar cara membuat sebuah website step by step, mulai dari perancangan (design), pembuatan (coding), proses unggah (upload) dan manajemen website. Peserta belajar cara mendesain layout halaman website menggunakan bahasa HTML, mengatur tampilan dan gambar dengan menggunakan CSS (Cascading Style Sheet), membuat latar belakang grafis dan animasi untuk memperindah tampilan halaman website. Peserta juga, belajar dasar-dasar bahasa pemrograman PHP serta merancang database MySQL sehingga diharapkan nantinya peserta mampu membuat Website Dinamis dengan PHP dan MySQL.

Di akhir pelatihan, peserta mempresentasikan hasil karya mereka dalam bentuk website yang sudah jadi untuk bahan evaluasi dan diskusi sesama peserta. Nantinya hasil dari evaluasi dan diskusi tersebut dijadikan sebagai dasar pada proses pengembangan website yang telah dibuat di masa yang akan datang. (Rcd)