Belajar pemrograman

Belajar bahasa pemrograman sebenarnya adalah mudah dan menyenangkan, dengan catatan kita menyukai atau paling tidak kita memiliki passion di bidang programming. Pada saat belajar bahasa pemrograman membutuhkan kesabaran untuk memahami sintak atau cara penulisan yang menghasilkan output tertentu. Seorang pomula tidak harus membuat sebuah kode yang rumit namun buatlah kode sederhana yang melibatkan dari topik yang sedang di pelajari. Sebagai contoh seorang pemula ingin memahami sintak alur logika percabangan buatlah sebuah kode sederhana yang ada dalam kehidupan sehari hari. Misal sebagai contoh lampu trafic light bila hijau berjalan bila merah berhenti, membuat kopi manis atau pahit dan lainnya. Dengan demikian kita memahami alur tersebut. Perlu di ingat “BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN BUKAN MENGHAFAL TAPI MEMAHAMI”. Bila kita sudah memahami kasus serumit apapun dapat kita pecahkan dengan sintak yang sudah kita pahami tersebut.

Berikutnya adalah bahasa pemrograman apa yang harus di pelajari dan bahasa pemrograman apa yang bagus?. Pertanyaan ini sering kita dengar. Pada dasarnya anda boleh belajar bahasa pemrograman apa saja, namun cobalah cari bahasa pemrograman yang mendekati disiplin ilmu yang diminati. Sebagai contoh bila seseorang menyukai internet dan menyukai pembuatan website artinya belajarlah bahasa pemrogram yang mendekati hal tersebut. Bisa mempelajari PHP, Java dan lainnya. Bila anda seorang seorang saintis anda dapat mempelajari bahasa Python sebagai awal. Intinya bahasa yang anda pelajari tersebut menyenangkan dan dapat di terapkan pada bidang pengetahuan anda.

Apa yang harus dipelajari dalam bahasa pemrograman? hampir semua bahasa pemrograman memiliki kesamanaan dalam istilah pengkodean, walau dengan gaya yang berbeda dalam penulisannya, namun dalam sisi alur dan logika pemrograman pada dasarnya semua bahasa pemrograman adalah sama. Berikut adalah roadmap yang harus dipelajari dalam bahasa pemrograman dasar

  • Variabel dan Tipe Data
  • Input dan Output
  • Operator
  • Percabangan
  • Perulangan
  • Array
  • Fungsi

Penutup

Setelah pemahaman dari semua sintak dan outputnya, mulailah melibatkan database dalam pemrograman tersebut dan buatlah sesuatu yang sederhana melibatkan semua dari sintak yang telah di pelajari dalam bentuk aplikasi sederhana yang dikenal dengan CRUD (Create, Read, Update Delete) terhadap data data yang ada. CRUD adalah inti dari sebuah aplikasi yang dibangun dengan bahasa pemrogram tertentu, dengan menguasai CRUD anda sudah dapat memulai membuat aplikasi yang cukup kompleks. Itulah urutan yang harus di pelajari bila anda ingin menjadi seorang programmer. (DK)