Desain Web Mudah Tanpa Koding Dengan Webflow

FTM-Yogyakarta – Membuat website sendiri yang dapat dikontrol sendiri adalah sesuatu yang membanggakan. Kita mendapat suatu pengalaman yang sangat berharga dimana kita berhasil membuat sebuah website yang dirancang dan bangun oleh kita sendiri. Tentunya hasil karya tersebut dapat di publikasikan dan di lihat oleh banyak orang. Pertanyaannya apakah itu mungkin? sedangkan kita sendiri tidak pernah belajar tentang Teknologi Informasi apalagi sampai ke bahasa pemrograman.

Sebelumya orang mengenal WordPress sebagai CMS untuk membuat sebuah website. WordPress memang menawarkan banyak kemudahan dalam membangun sebuah website. Dengan program back-end yang stabil dan ribuan template yang tersedia siap digunakan. Dilengkapi juga adanya plugin yang disediakan menambah banyak kemudahan dalam membangun sebuah website sesuai kebutuhan dan keinginan pengguna. Namun WordPress tetap memerlukan orang yang mengerti sedikit bahasa pemrograman tertutama pengetahuan tentang HTML dan CSS. Ini diperlukan ketika akan membuat atau memodifikasi sebuah template yang membutuhkan kemampuan tersebut. Artinya WordPress memudahkan bagi yang sudah mengerti bahasa pemrograman atau minimal mengerti penggunaan HTML dan CSS.  Sedangkan bagi orang awam tetap dianggap sangat atau cukup sulit.

Terus bila ingin bisa membuat website tanpa harus bisa koding bagaimana?

Webflow adalah salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan. Tidak hanya mempermudah proses pembuatan website, Webflow menawarkan fitur lainnya yang tak kalah menarik dan bermanfaat. Program ini pada dasarnya adalah tool desain web yang mudah digunakan bagi orang awam. Hal ini karena tidak membutuhkan kemampuan koding dan penguasaan terhadap HTML dan CSS. Aplikasi ini juga menawarkan layanan hosting dan content management system (CMS) yang hampir mirip dengan WordPress. Namun aplikasi ini fokusnya adalah dari sisi desain web dengan dilengkapi fitur -fitur menarik lainnya.

Webflow desain web tanpa koding adalah sebuah aplikasi cloud dengan teknologi yang memudahkan pembuatan sebuah software dan sejenisnya tanpa dipusingkan dengan kode kode yang rumit dengan visual atau interface yang lebih mudah untuk digunakan, hanya dengan melakukan drag and drop dengan tool ini, dan kodenya akan secara otomatis ditulis oleh Webflow.

Fitur Utama

Apa yang bisa dilakukan dengan Webflow, anda dapat membuat landing page, responsive website, situs e-commerce, blog, dan lainnya dengan mudah, dab dapat langsung mengelola kontennya dengan sistem CMS yang sudah tersedia. Ada 3 fitur utama yang menjadi andalan dalam webflow dan wajib anda pelajari.

Site Designer

Site designer adalah fitur utama dari Webflow. Dengan site designer, anda bisa memilih untuk mulai membuat sebuah web dari kanvas yang benar-benar kosong atau mulai dari struktur yang sudah ada dengan pilihan template yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Di library Webflow, ada 30 template gratis dan 100 template premium yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar, disarankan untuk mulai dari kanvas kosong,  cara ini diharapkan pengguna bisa lebih cepat memahami tool-tool yang ada di Webflow.

Content management system (CMS)

 CMS Webflow dapat digunakan untuk membuat tipe konten bermacam-macam, seperti blog post dan lain-lain. tersedia banyak plugin yang dapat dimanfaatkan tanpa harus mendownload plugin tambahan. Bahkan, Webflow dinilai lebih lengkap dan fleksibel dibanding CMS WordPress, Wix maupun Drupal. Dari Webflow, anda bebas mengatur konten blog, menambahkan dan mengedit halaman, dan masih banyak lagi tanpa sulit.

Web Hosting

Setelah tampilan website dan kontennya sudah siap, Webflow memberikan layanan web hosting, melalui menu deployment, anda bisa mempublikasikan situs anda dengan menggunakn subdomain webflow.com ataupun domain sendiri jika membayar. Hosting Webflow menggunakan salah satu penyedia cloud service terbesar di dunia, yaitu Amazon Cloudfront dan Fastly.  Webflow juga memiliki content delivery network yang bisa digunakan tanpa tambahan biaya lagi. Dengan content delivery network ini, website bisa diakses lebih cepat  dan tidak perlu khawatir soal keamanannya, karena Webflow sudah dilengkapi dengan secure sockets layer (SSL) yang memiliki teknologi keamanan modern.

Itulah kelebihan dan pembuatan desain website mudah tanpa koding dengan Webflow desain web tanpa koding, bila anda tertarik mempelajari atau ingin belajar lebih jauh tentang penggunaan Webflow dapat menghubungi Focus Techno Media yang menyediakan kelas kelas online dan offline utuk pelatihan pembuatan website tanpa koding dari dasar sampai mahir.