Pelatihan Manajemen Museum

JakartaArquivo & Museu da Resistência Timorense, Instituto Público (AMRT, IP) Timor Leste menugaskan pegawai/staf gelombang III sebanyak 6 orang untuk mengikuti kegiatan pelatihan Manajemen Museum dan Studi Referensi. Seperti pada kegiatan pelatihan sebelumnya (gelombang II), pelatihan gelombang III dilaksanakan selama 2 minggu (10 hari kerja). Dimulai dari tanggal 18 November s.d. 29 November 2019. Kegiatan dalam bentuk in house training dengan tempat di Fave Hotel Jl. H. Samanhudi No.26 Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Sebagaimana pada pelatihan gelombang II, pemateri atau nara sumber diambilkan dari pengelola museum yang ada di kota Jakarta dan instansi terkait baik swasta maupun pemerintahan. Materi Pelatihan Manajemen Museum disampaikan dengan metode teori atau pemaparan di dalam kelas. Kemudian dilanjutkan praktek kerja atau kunjungan ke museum-museum yang banyak terdapat di Jakarta. Tujuannya agar peserta tidak hanya memahami masalah pengelolaan museum secara teori melainkan juga praktek langsung di lapangan.

Sebagai tempat praktek langsung di lapangan, peserta berkesempatan mengunjungi beberapa museum yang ada di Jakarta. Beberapa museum yang telah dikunjungi oleh peserta pelatihan dari AMRT, IP Timor Leste sebagai bahan studi banding dan studi referensi. Diantaranya yang telah dikunjungi adalah Museum Bank Indonesia, Museum Perjuangan Fatahillah di Kota tua, Museum Nasional (Monas).

Diharapkan dari pelatihan Manajemen Museum dan Studi Referensi serta kunjungan ke beberapa museum peserta dapat belajar menambah wawasan, pemahaman dan keterampilan. Dengan demikian nantinya dapat sebagai masukan  dalam mengelola museum yang ada di Timor Leste sehingga menjadi lebih baik dan berkembang. (Rcd)