Workload Analysis TrainingWorkload Analysis Training SEPFOPE Timor Leste

Yogyakarta Secretaria de Estado de Política de Formação Profissional e Emprego (SEPFOPE) atau Sekretariat Negara untuk Pelatihan Kejuruan dan Kebijakan Ketenagakerjaan Timor Leste bekerjasama dengan Focus Techno Media Yogyakarta menyelenggarakan program   Workload Analysis Training atau Pelatihan Analisis Beban Kerja yang diikuti oleh 3 orang pegawai/staf di lingkungan kantor SEPFOPE Timor Leste.

Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 2 Desember s.d. 6 Desember 2019 dengan mengambil tempat di gedung Grha Focus Techno Media, Komplek Ruko Graha Strategic (Gatic) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam program workload analysis training, peserta belajar cara mengukur beban kerja setiap jabatan atau orang. Metodenya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penyelidikan waktu (time study). Dengan teknik ini akan diperoleh jumlah karyawan yang optimal. Dengan demikian, peserta memiliki kemampuan dalam menganalisa beban kerja. Pengetahuan ini memungkinkan untuk menganalisa beban kerja secara komprehensif secara bertahap tahap mulai  persiapan sampai penyajian laporan dengan benar.

Workload analysis training pada akhirnya memberikan pemahaman dan keterampilan baru kepada peserta. Peserta pelatihan mendapatkan pencerahan dalam memahami kaitan antara business/work process dengan satuan aktivitas sebagai bagian terpenting dalam menyusun standar beban kerja. Demikian juga, peserta akan mampu melakukan teknik pertama dalam workload analysis dengan memetakan satuan aktivitas business/work process ke dalam rangkaian aktivitas yang kuantitif dan terukur. Pada akhirnya perlu dilakukan proses pengukuran, pengujian sampai dengan penerapan standar menjadi acuan beban kerja akhir. (Rcd)