pelatihan peningkatan keterampilan administrasi kantor

Pelatihan Administratasi Kantor dalam Penanggulangan Bencana

Dari tanggal 8 hingga 10 November 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan bersama Focus Techno Media Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan administrasi kantor. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterampilan administratif pegawai, memperkuat manajemen dokumen, dan meningkatkan efisiensi operasional di tingkat provinsi.

Rasionalisasi Pelatihan Administrasi Kantor

  1. Efisiensi Operasional. Administrasi kantor yang efisien menjadi kunci dalam menjalankan operasional sehari-hari dengan lancar. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan strategi dan praktik terbaik dalam mengelola tugas-tugas administratif.
  2. Profesionalisme dan Keterampilan Personal. Fokus pada pengembangan keterampilan personal para peserta, termasuk komunikasi efektif, manajemen waktu, dan penanganan tekanan kerja.
  3. Teknologi dalam Administrasi. Pelatihan ini juga akan memberikan wawasan tentang cara mengintegrasikan teknologi modern ke dalam tugas-tugas administratif, meningkatkan efisiensi dan akurasi.

Pelatihan peningkatan keterampilan administrasi kantor

Materi Pelatihan Administrasi Kantor

  1. Manajemen Dokumen. Peserta akan diajak untuk memahami konsep dan praktik terbaik dalam manajemen dokumen, termasuk penyimpanan yang aman, klasifikasi, dan pencarian yang efisien.
  2. Penggunaan Perangkat Lunak Administrasi: Pelatiha. akan mencakup pengenalan dan praktik penggunaan perangkat lunak administrasi kantor terkini, seperti Microsoft Office, Google Workspace, dan aplikasi manajemen proyek.
  3. Komunikasi dan Etika Bisnis. Peningkatan dalam keterampilan komunikasi, baik internal maupun eksternal, serta penerapan etika bisnis yang baik dalam konteks administrasi kantor.
  4. Pemecahan Masalah. Pemberian keterampilan untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul dalam tugas administratif sehari-hari, memungkinkan para peserta menjadi lebih proaktif dan tanggap terhadap tantangan.

Dukungan Focus Techno Media Yogyakarta

  1. Instruktur Ahli: Instruktur dari Focus Techno Media Yogyakarta adalah pakar dalam bidang administrasi kantor dan manajemen sumber daya manusia, memberikan wawasan mendalam kepada peserta.
  2. Sesuai dengan Kebutuhan Lokal: Pelatihan dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan khusus dan tantangan administratif yang dihadapi oleh BPBD Provinsi Kalimantan Selatan. Ini diharapkan memberikan solusi yang relevan.
  3. Interaktif dan Partisipatif: Metode pembelajaran yang interaktif, termasuk diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi, memastikan partisipasi aktif dan pemahaman yang mendalam.

Pelatihan Administrasi kantor - Focus Techno Media

Harapan untuk Peningkatan Berkelanjutan

Kerjasama BPBD Prov. Kalimantan Selatan dan FTM Yogyakarta, Kegiatan ini diharapkan menciptakan perubahan positif dalam cara pegawai mengelola tugas-tugas administratif . Peningkatan efisiensi dan profesionalisme di tingkat administratif diharapkan dapat berkontribusi pada keseluruhan kinerja BPBD. Untuk itu, ini akan memberikan manfaat kepada masyarakat Kalimantan Selatan dalam penanggulangan bencana dan kegiatan sehari-hari.