pelatihan keprotokolan-protokolerpelatihan keprotokolan-protokoler

Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan ini ditujukan kepada staf organisasi dan petugas protokol yang terlibat dalam manajemen hubungan masyarakat dan kegiatan protokoler. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam bidang kehumasan dan keprotokolan. Diharapkan peserta dapat mengelola komunikasi organisasi secara efektif dan melaksanakan tugas-tugas protokoler dengan baik. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengirimkan SDM untuk mengikuti pelatihan ini dengan harapan bisa meningkatkan kinerjanya.

II. Tujuan Pelatihan

  1. Memahami konsep dan prinsip dasar kehumasan dan keprotokolan.
  2. Menguasai teknik komunikasi efektif dalam kegiatan kehumasan.
  3. Memahami peran dan tanggung jawab petugas protokol dalam berbagai acara resmi.
  4. Mengembangkan keterampilan dalam merencanakan, mengorganisasi, dan melaksanakan acara protokoler.
  5. Memahami etiket dan tata cara dalam berkomunikasi dan berinteraksi dalam lingkungan protokoler.
  6. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya citra dan reputasi organisasi.

III. Focus Techno Media menyusun materi pelatihan secara garis besar sebagai berikut :

  1. Pengenalan Kehumasan dan Keprotokolan: a. Definisi dan ruang lingkup kehumasan. b. Prinsip-prinsip dasar kehumasan. c. Fungsi dan tujuan keprotokolan.
  2. Komunikasi dalam Kehumasan: a. Teknik komunikasi efektif. b. Pengelolaan media massa dan hubungan media. c. Strategi komunikasi krisis.
  3. Peran dan Tanggung Jawab Petugas Protokol: a. Tugas-tugas petugas protokol dalam berbagai acara resmi. b. Penyusunan jadwal dan koordinasi acara protokoler. c. Penanganan tamu VIP dan delegasi.
  4. Perencanaan dan Pelaksanaan Acara Protokoler: a. Rencana acara protokoler. b. Penyusunan program acara. c. Pengaturan tempat duduk dan tata ruang acara.
  5. Etiket dan Tata Cara Protokoler: a. Prinsip-prinsip etiket dalam berkomunikasi dan berinteraksi. b. Protokol dalam pertemuan resmi dan negosiasi. c. Penanganan tamu asing dan budaya protokol internasional.
  6. Manajemen Citra dan Reputasi: a. Pentingnya citra dan reputasi organisasi. b. Membangun dan memelihara citra positif. c. Respons terhadap isu-isu sensitif dan kontroversial.

IV. Metode Pelatihan

  1. Ceramah dan presentasi untuk memberikan pengetahuan teori dan konsep dasar.
  2. Studi kasus dan diskusi kelompok untuk menganalisis dan memecahkan masalah yang terkait dengan kehumasan dan keprotokolan.
  3. Latihan peran dan simulasi untuk mengasah keterampilan dalam situasi kehumasan dan protokoler.
  4. Penugasan individu atau kelompok untuk merencanakan dan melaksanakan acara protokoler.

V. Waktu dan Tempat

Pelatihan ini direncanakan dilaksanakan selama 2-3 hari, dengan durasi 6-8 jam per hari. Tempat pelatihan dilaksanakan di gedung pusat Focus Techno Media di kota Yogyakarta. Kelas untuk kegiatan disesuaikan dengan fasilitas yang memadai untuk kegiatan praktik dan diskusi. Dihari terakhir dilaksanakan kunjungan ke bagian humas dan protokoler di kantor pemerintah provinsi Yogyakarta.

VI. Tenaga Pengajar

Pelatihan akan dipandu oleh instruktur yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidang kehumasan dan keprotokolan. Instruktur akan memberikan wawasan mendalam, contoh praktis, dan berbagi pengalaman terkait dengan topik pelatihan.

VII. Evaluasi

Evaluasi akan dilakukan melalui penilaian partisipasi aktif peserta, tugas atau proyek individu/kelompok, dan ujian penilaian. Penilaian akan mengukur pemahaman konsep, penerapan keterampilan, dan kemampuan peserta dalam mengelola kegiatan kehumasan dan protokoler.

Kesimpulan

Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan yang dibutuhkan dalam mengelola komunikasi organisasi secara efektif serta melaksanakan tugas-tugas protokoler dengan baik. Pelatihan ini akan membantu peserta untuk menjadi lebih terampil dan percaya diri dalam menjalankan fungsi kehumasan dan protokol di organisasi mereka.