Pelatihan LMSPelatihan LMS

Pelatihan LMS (Learning Management System) adalah program pelatihan yang dirancang untuk memperkenalkan dan mengajarkan penggunaan sistem manajemen pembelajaran kepada peserta. LMS adalah platform digital yang digunakan untuk mengelola dan menyampaikan konten pembelajaran secara online, termasuk modul, kursus, ujian, dan interaksi antara pengajar dan peserta. BKPPD Kabupaten Boyolali mengirimkan 4 (emapt) SDM untuk mempelajari lebih dalam.

Direncanakan mereka akan berkutat mempelajari mengenai LMS ini selama 3 hari berturut-turut dari pagi sampai sore. Pelatihan bertempat di gedung Focus Techno Media yang berada di kawasan Condongcatur Yogyakarta.

Berikut adalah beberapa komponen yang mungkin termasuk dalam pelatihan LMS:

  1. Pengenalan LMS:
    • Penjelasan tentang apa itu LMS dan manfaatnya dalam konteks pembelajaran online.
    • Gambaran tentang fitur dan fungsi yang tersedia dalam LMS.
  2. Navigasi dan Penggunaan LMS:
    • Panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan antarmuka LMS, termasuk login, navigasi, dan akses ke konten dan alat pembelajaran.
  3. Pembuatan Konten Pembelajaran:
    • Pelatihan tentang cara membuat dan mengunggah konten pembelajaran ke dalam LMS, seperti modul, video, presentasi, dan tugas.
  4. Manajemen Kelas dan Peserta:
    • Penjelasan tentang cara mengelola kelas atau kelompok peserta dalam LMS, termasuk pendaftaran peserta, pengaturan hak akses, dan komunikasi dengan peserta.
  5. Interaksi dan Kolaborasi:
    • Demonstrasi fitur-fitur yang memungkinkan interaksi dan kolaborasi antara pengajar dan peserta, seperti forum diskusi, ruang obrolan, atau webinar.
  6. Penilaian dan Ujian:
    • Panduan tentang cara membuat, mengatur, dan mengelola ujian atau penilaian dalam LMS, termasuk penggunaan bank soal dan penilaian otomatis.
  7. Pelaporan dan Analitik:
    • Penjelasan tentang bagaimana menggunakan fitur pelaporan dan analitik dalam LMS untuk melacak kemajuan peserta, mengevaluasi performa, dan mendapatkan wawasan tentang pembelajaran.
  8. Best Practice dan Tips:
    • Penyampaian best practice dan tips penggunaan LMS yang efektif, termasuk strategi untuk meningkatkan keterlibatan peserta dan memaksimalkan potensi LMS.

Penutup

Pelatihan LMS penting untuk memastikan pengguna, baik pengajar maupun peserta, memahami dan menguasai penggunaan LMS secara efektif. Hal ini akan memaksimalkan potensi pembelajaran online dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik bagi semua pihak yang terlibat. Instruktur pelatiha  dari FTM Yogyakarta memberikan bimbingan dengan cermat namun santai. Sehingga seluruh materi bisa tersampaikan dengan baik dan bisa dipahami secara optimal.