Pelatihan Legal DraftingPelatihan Legal Drafting

Pelatihan Legal Drafting adalah program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam menulis dokumen hukum yang tepat, jelas, dan efektif. Pelatihan ini ditujukan untuk para profesional hukum, seperti pengacara, notaris, staf hukum, atau siapa pun yang terlibat dalam penyusunan dokumen hukum. Universitas Jendral Soedirman yang berada di kota Purwokerto, Jawa Tengah berkepentingan untuk meningkatkan SDM nya dalam bidang ini. Untuk itu menunjuk Focus Techno Media di Yogyakarta menjadi partner  menyelenggarakan pelatihan  selama 3 (tiga) hari.

Pelatihan Legal Drafting meliputi :

  1. Pemahaman Hukum: Peserta akan mempelajari dasar-dasar hukum yang terkait dengan jenis dokumen yang akan mereka tulis. Mereka akan memahami prinsip-prinsip hukum, peraturan, dan istilah-istilah hukum yang relevan dengan subjek tertentu.
  2. Penyusunan Dokumen. Peserta akan belajar teknik dan metode untuk menyusun dokumen hukum yang efektif. Dokumen hukum ini misalnya kontrak, perjanjian, memorandum, surat kuasa, pernyataan klaim, dan dokumen hukum lainnya. Mereka akan diajarkan bagaimana mengorganisir informasi, menyusun klausa, menggunakan terminologi yang tepat, dan menyusun struktur yang logis.
  3. Kekuatan Bahasa dan Gaya Penulisan. Pelatihan akan memperhatikan pentingnya menggunakan bahasa yang tepat, jelas, dan ringkas dalam penulisan dokumen hukum. Peserta akan belajar cara menghindari ambiguitas, penggunaan frase hukum yang konsisten, dan teknik penyusunan kalimat yang efektif.
  4. Penulisan Hukum yang Berbasis Fakta. Peserta akan mempelajari pentingnya menyusun dokumen hukum berdasarkan fakta dan bukti yang akurat. Mereka akan belajar tentang pengumpulan informasi yang relevan, analisis dokumen pendukung, dan penggunaan referensi hukum yang tepat.
  5. Revisi dan Pengeditan. Termasuk dalam acara ini adalah mempelajari teknik mengedit dan merevisi dokumen hukum. Hal ini untuk meningkatkan kejelasan, ketepatan, dan kesesuaian dengan tujuan dokumen tersebut. Peserta akan diajarkan teknik pengeditan, revisi, dan pengoreksian kesalahan yang umum dalam penulisan dokumen hukum.

Baca juga : Pelatihan Legal Drafting RD Timor Leste

Penutup

Output dari pelatihan Legal Drafting adalah menghasilkan SDM yang memiliki keterampilan penulisan hukum yang kuat dan efektif. Pelatihan ini akan memberikan peserta alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghasilkan dokumen hukum yang berkualitas tinggi, yang dapat digunakan dalam berbagai konteks hukum.