Laporan Keuangan BLULaporan Keuangan BLU

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan BLU PTN (Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi Negeri). Kegiatan ini adalah program pelatihan yang ditujukan untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun laporan keuangan. Laporan yang disusun harus akurat dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku untuk BLU PTN. Universitas Jendral Soedirman mengirimkan SDM bagian keuangan untuk meningkatkan ketrampilan dalam penyusunan laporan. Berjumlah 4 (empat) orang direncanakan akan mengikuti pelatihan selama 3 hari di Yogyakarta.

Pelatihan  mencakup beberapa aspek.

  1. Pemahaman Konsep BLU PTN. Peserta akan mempelajari konsep dasar tentang Badan Layanan Umum (BLU) yang diterapkan di lingkungan perguruan tinggi negeri. Peserta harus karakteristik dan prinsip dasar BLU PTN, serta kewajiban dan tanggung jawab dalam menyusun laporan. Laporan keuangan ini harus sesuai dengan regulasi yang berlaku.
  2. Standar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Peserta akan mempelajari standar akuntansi dan pelaporan keuangan yang berlaku. Ini seperti Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) atau Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).
  3. Struktur Laporan Keuangan BLU PTN. Pelatihan akan mencakup pemahaman tentang struktur dan komponennya. Ini semacam neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Peserta akan belajar bagaimana menyusun laporan keuangan yang komprehensif dan sesuai dengan format yang ditetapkan.
  4. Penyusunan Catatan Atas Laporan Keuangan. Peserta akan diajarkan cara menyusun catatan  yang jelas, lengkap, dan terperinci. Mereka belajar bagaimana menjelaskan kebijakan akuntansi, estimasi, pengungkapan risiko, dan informasi penting lainnya yang relevan.
  5. Pengendalian Internal dan Audit. Pelatihan juga akan memperkenalkan peserta pada prinsip-prinsip pengendalian internal dan proses audit yang relevan. Mereka mempelajari pentingnya pengendalian internal yang baik dan langkah yang harus diambil untuk keakuratan dan integritas laporan keuangan.

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memastikan peserta memiliki pemahaman yang mendalam tentang penyusunan laporan keuangan. Laporan harus akurat dan sesuai dengan regulasi yang berlaku dalam konteks BLU PTN. Pelatihan ini akan memberikan peserta keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menyusun laporan keuangan BLU PTN yang tepat dan dapat dipercaya.