Pelatihan pemrograman web php mysql

Menguasai Pemrograman Web: Pelatihan PHP & MySQL

Pada tanggal 17-18 November 2023, Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Kutai Kertanegara, Propinsi Kalimantan Timur, berkolaborasi dengan Focus Techno Media Yogyakarta untuk menyelenggarakan pelatihan PHP & MySQL tingkat pemula. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar dan keterampilan praktis dalam pengembangan web menggunakan PHP dan MySQL kepada peserta yang mungkin belum memiliki pengalaman dalam pemrograman web.

Mengapa Pelatihan PHP & MySQL Penting?

  1. Pemrograman Web yang Populer: PHP adalah bahasa pemrograman web yang sangat populer dan digunakan secara luas untuk mengembangkan situs web dinamis. MySQL, sebagai sistem manajemen basis data, adalah pendamping ideal untuk menyimpan dan mengelola data yang digunakan dalam aplikasi web.
  2. Dasar-Dasar Pemrograman Web: Pelatihan ini dirancang khusus untuk peserta tingkat pemula yang ingin memahami dasar-dasar pemrograman web. Materi yang disampaikan akan mencakup konsep dasar pemrograman, struktur PHP, dan pengelolaan basis data menggunakan MySQL.
  3. Penerapan Praktis: Peserta akan memiliki kesempatan untuk langsung mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh melalui sesi praktikum, membangun keterampilan praktis dalam pengembangan web.

Materi Pelatihan PHP & MySQL

  1. Pengenalan PHP:
    • Konsep dasar PHP dan cara integrasinya dengan HTML.
    • Variabel, tipe data, dan operasi dasar dalam PHP.
  2. Struktur Kontrol dan Fungsi:
    • Penggunaan pernyataan kondisional dan pengulangan.
    • Pembuatan dan penggunaan fungsi dalam PHP.
  3. Pengenalan MySQL:
    • Dasar-dasar basis data dan perbedaan antara basis data relasional dan non-relasional.
    • Operasi dasar dalam MySQL, seperti SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.
  4. Integrasi PHP dan MySQL:
    • Koneksi PHP ke MySQL.
    • Penggunaan PHP untuk mengambil dan menyimpan data dalam basis data MySQL.

pelatihan pemrograman web php dan mysql

Dukungan dari Focus Techno Media Yogyakarta

  1. Instruktur Berpengalaman: Instruktur dari Focus Techno Media Yogyakarta adalah para ahli yang berpengalaman dalam pengembangan web dan memiliki keahlian khusus dalam PHP dan MySQL.
  2. Sesi Tanya Jawab dan Bimbingan Praktis: Sesi tanya jawab dan bimbingan praktis akan memberikan peserta kesempatan untuk mendapatkan klarifikasi atas konsep-konsep yang mungkin menjadi tantangan.
  3. Sumber Daya Pelatihan: Peserta akan diberikan sumber daya pelatihan tambahan, termasuk materi referensi dan contoh kode, untuk mendukung pembelajaran mereka setelah pelatihan.

pelatihan pemrograman web php mysql

Harapan dan Manfaat

Kerjasama BAPENDA Kab. Kutai Kertanegara dengan FTM Yogyakarta, diharapkan  memberikan dasar  bagi peserta untuk memahami dan mengembangkan aplikasi web sederhana. Peningkatan keterampilan dalam pemrograman web dapat membuka peluang baru dalam dunia teknologi informasi. Demekian juga akan memberikan kontribusi positif pada kemajuan industri dan sektor usaha di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.