pelatihan-manajemen-arsippelatihan-manajemen-arsip

Yogyakarta, 7 Juli 2023. FTM Yogyakarta dipercaya sebagai penyelenggara pelatihan yang berharga, kali ini dalam bidang Pengelolaan Arsip Vital. Acara ini diikuti oleh SDM dari Direktorat Pengukuhan Dan Penatagunaan Kawasan Hutan (DITKUH). Direktorat ini mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, bimbingan teknis dan evaluasi pelaksanaan bimbingan teknis. Disamping itu juga menjalankan supervisi pelaksanaan urusan di daerah bidang pengukuhan dan penatagunaan kawasan hutan.

Pelatihan Pengelolaan Arsip Vital berlangsung selama 3 hari dan dirancang untuk memberikan pengetahuan mendalam tentang pengelolaan arsip vital kepada peserta. Para peserta yang hadir terdiri dari SDM  DITKUH yang memiliki tanggung jawab dalam menjaga dan mengelola arsip vital organisasi.

Dalam program ini, peserta mempelajari konsep dasar dan prinsip pengelolaan arsip vital. Termasuk proses pengumpulan, penyimpanan, pengindekan, pemeliharaan, dan pemusnahan arsip vital. Mereka juga akan mempelajari teknik pengamanan arsip vital agar tetap terjaga dan terhindar dari risiko kerusakan atau kehilangan.

Pelatihan Arsip Digital Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kemen LHK RI di Bogor

Pelatihan dipandu Narasumber yang memiliki pengalaman luas dan pengetahuan mendalam dalam praktik terbaik pengelolaan arsip. Para peserta akan diberikan materi yang komprehensif, contoh kasus, dan studi kasus yang relevan. Hal ini untuk memperkaya pemahaman mereka tentang pentingnya pengelolaan arsip vital yang efektif.

Selain materi teoritis, pelatihan ini juga menekankan pada aspek praktis. Peserta akan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam sesi latihan dan simulasi. Di mana mereka akan diberi tugas untuk mengelola arsip vital yang dihadapi dalam situasi yang realistis. Hal ini diharapkan dapat membantu peserta mengasah keterampilan praktis mereka.

Peserta pelatihan sangat mengapresiasi kegiatan ini karena mereka menyadari betapa pentingnya pengelolaan arsip yang efektif bagi organisasi mereka. Mereka melihat pelatihan ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam melindungi dan mengelola arsip vital dengan baik, yang akan berdampak positif pada kelancaran operasional dan efisiensi organisasi mereka.

Output Pelatihan

Diharapkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan menjadi lebih kompeten dalam pengelolaan arsip vital dan mampu menerapkan praktik terbaik yang mereka pelajari di dalam organisasi mereka masing-masing. Hal ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi SDM dalam menjaga integritas dan aksesibilitas informasi yang penting bagi kelangsungan operasional mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan ini dan kegiatan lainnya di FTM Yogyakarta, dapat mengunjungi website resmi kami di www.technojogja.com.